Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup , Simak Caranya Berikut Ini

Warnanusantara.comCara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Apa yang menyebabkan mesin sulit dihidupkan? Bagaimana cara mengatasi mesin tidak mau hidup meskipun sudah distarter berkali-kali, bahkan dengan kick starter? Sebelum Anda membawanya ke bengkel, Anda perlu tahu dari mana masalahnya berasal.

Kesulitan memulai paling sering terjadi di pagi hari dan dapat menyerang siapa saja. Apalagi jika Anda terburu-buru untuk sampai ke kantor tepat waktu. Karena kendaraan susah start telat berangkat kerja.

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, tidak selalu harus ke bengkel. Ada beberapa alternatif cara yang sangat efektif untuk mengatasi mesin yang sulit dihidupkan.
Penyebab dan cara mengatasi engine starting
Ada alasan ada solusinya, motor yang tidak mau hidup bisa disebabkan oleh banyak masalah dengan komponennya. Itu perlu dicek lagi oleh pengendara sepeda motor agar tidak salah memperbaikinya.

Ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan dan diverifikasi sebagai berikut:

1.Masalah baterai

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Masalah paling umum dengan sepeda motor adalah baterai, apakah itu mesin injeksi, bebek atau skuter. Baterai merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan dan menghantarkan listrik, salah satunya adalah menstarter mesin.

Ketika tegangan dari baterai lebih rendah, kinerja komponen elektronik di mesin lain, termasuk starter mesin, juga menurun. Anda dapat mengetahui apakah kualitas baterai telah memburuk dengan lampu redup dan klakson tidak berbunyi.

Baterai yang lemah tidak hanya menyebabkan masalah pada sistem starter, tetapi juga pada kickstarter. Tegangan 12 volt diperlukan untuk menghidupkan mesin, jika dikurangi, starter berputar perlahan.
Ada dua cara untuk mengatasi hal ini. Yang pertama menggunakan kickstarter 450 rpm. Jika tidak, mesin masih tidak akan hidup. Solusi kedua adalah memeriksa apakah pengisian daya ke baterai sistem berfungsi dengan lancar.

Jika bagian ini rusak, baterai akan drop dan catu daya akan tidak stabil. Mereka harus diganti dengan baterai baru ketika tidak lagi dapat menyimpan daya yang dibutuhkan.

2. Terjadi korsleting

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup- –Penyebab lain yang perlu diperhatikan adalah korsleting pada sistem starter. Hubung singkat ini terjadi karena letak motor logam dan terminal starter berdekatan.

Untuk menentukan apakah korsleting terjadi di bagian ini, Anda perlu mengamati apakah ada bekas luka bakar. Biasanya starter langsung mati, jadi tidak ada reaksi saat ditekan.

Solusi yang tepat saat terjadi korsleting adalah dengan membuka sistem starter dan membersihkan kerak akibat korsleting. Kerak ini biasanya berwarna hitam seperti terbakar.

Ganti komponen sekring pada tempatnya tapi tidak berdekatan, atau bisa juga diganti dengan yang baru. Anda juga dapat menambahkan baffle untuk mencegah korslet lagi.

3. Kerusakan busi

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Busi merupakan komponen mesin yang paling penting dalam sistem pengapian. Penyebab kerusakan busi bisa karena usia, sehingga pembakaran tidak memiliki api yang optimal. Api yang keluar dari busi sangat kecil yang bisa menjadi masalah.

Jika mesin tidak dapat dihidupkan karena masalah busi, Anda dapat memperbaikinya dengan memeriksa kondisi fisiknya. Lepaskan busi dari mesin dan amati permukaannya. Jika terlihat hitam atau celahnya longgar, Anda perlu menggantinya.
Biasanya busi merupakan komponen yang cukup sering diganti dengan yang baru. Kabel busi juga merupakan salah satu bagian yang menghubungkan tutup busi dengan koil, yang bisa menjadi penyebabnya.

Karena kabel rusak, tegangan yang diberikan ke busi berkurang. Ketika resistansi meningkat, arus yang mengalir berkurang. Api busi tidak menyala dan mesin tidak mau hidup.

Jika kabel busi rusak, Anda harus terlebih dahulu mengukur resistansi busi dengan ohmmeter. Kalau angka terbaca lebih dari 25 ohm, kabel busi perlu diganti. Jika jumlahnya tidak terlalu besar maka tidak ada masalah dengan bagian ini.

4. Kerusakan pada relai starter

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Bagian lain dari motor yang dapat mengalami kerusakan sehingga motor tidak dapat distarter adalah relay starter. Komponen ini berfungsi mengalirkan arus utama dari baterai ke motor starter.

Bagian ini yang cukup sering menjadi penyebab utama mesin tidak bisa distarter. Posisi relay sendiri berada di antara baterai dan motor starter. Saat rusak tidak ada sumber listrik yang mengalir ke baterai.

Cara mengatasi motor tidak bisa start karena relay starter adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Anda dapat menguji kemampuan fungsi terlebih dahulu dengan menekan relai dan mencoba starter secara bersamaan. Jika muncul ketukan, tandanya relay masih normal.

5. Masalah karburator

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Pada motor injeksi, karburator memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar dan udara ke dalam silinder mesin. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, maka suplai bahan bakar tidak sempurna

Cara mengatasinya adalah dengan mengecek tekanan bahan bakar terlebih dahulu. Anda dapat membuka karburator dengan memutar dan menyetelnya. Putar saja searah jarum jam dan putar berlawanan arah jarum jam lagi.

Jika yang terjadi adalah masalah banjir, maka Anda perlu mengeluarkan bahan bakar yang tersimpan di dalamnya. Kemudian hidupkan kembali mesin dengan kick starter. Lanjutkan sampai mesin menyala.

6. Bahan bakar tidak drop

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Jika dilihat dari komposisinya, posisi tangki bensin lebih tinggi dari karburator. Jika tidak ada masalah dengan karburator, bisa jadi selangnya. Posisi tangki yang tinggi justru memudahkan bensin turun ke mesin.

Hanya saja sering terjadi kesalahan pada selang, entah itu tersumbat atau motor jarang digunakan. Karena mesin jarang digunakan, aliran bahan bakar di selang bisa mengering.

Akibatnya mesin tidak mau hidup berapa kali pun Anda menekan starter. Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena masalah ini adalah dengan melepas selang radiator. Lepaskan dari penjepit dan biarkan sampai bensin mengalir ke bawah.

Ketika Anda melihat aliran bensin, Anda dapat menghidupkan mesin lagi. Cobalah dengan kick starter.

Baca juga

Tips Membeli Motor Bekas ,Agar Tak Kecewa Dikemudian Hari

7. Masalah tekanan kompresi

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Penyebab berikutnya dari mesin tidak hidup bisa disebabkan oleh masalah dengan tekanan kompresi. Biasanya hal ini paling sering terjadi pada pagi hari setelah mesin dingin karena tidak digunakan sepanjang malam.

Mesin membutuhkan tekanan kompresi agar gas mudah terbakar dan mesin dapat hidup. Tekanan harus sama dengan energi yang dilepaskan. Ketika kompresi tidak seimbang, mesin tidak bisa hidup.

Cara mengeceknya adalah dengan membuka busi, lalu menutup lubang busi menggunakan jari Anda. Coba matikan kontak motor dan gunakan starter engkol. Jika tidak ada tekanan saat dihidupkan, maka ada masalah.

Jika memang demikian, sebaiknya segera ke bengkel untuk memperbaikinya. Karena kehilangan tekanan dapat disebabkan oleh beberapa komponen yang bermasalah seperti ring piston yang aus atau silinder yang aus.

Pengecekan motor yang tidak bisa start harus dilakukan satu per satu untuk mengetahui penyebab utamanya. Jadi jika Anda kesulitan menstarter kendaraan, coba teliti bagian-bagian ini.