Arti Kode Pada Ban Motor | Begini Cara Membacanya

Warnanusantara.comArti Kode Pada Ban Motor | Begini Cara Membacanya – Tidak semua orang (terutama) yang bisa mengendarai mobil tahu arti kode produksi ban yang tercetak di dinding samping ban

Padahal, ban adalah satu-satunya komponen mesin yang menyentuh aspal secara langsung. Oleh karena itu, spesifikasi ban yang dipasang pada kendaraan harus memenuhi persyaratan.

Selain membaca manual, cara mengetahui spesifikasi ban selanjutnya adalah dengan membaca arti kode ban.

Hal ini penting agar tidak salah memilih ban dan ukurannya pas dengan sepeda motor. Ukuran ban juga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Arti kode pada ban motor | begini cara membacanya

Arti Kode Pada Ban Motor | Begini Cara Membacanya

Sebelum salah pilih, simak dulu arti dari kode ban motor berikut yang mungkin bisa membantu Anda dalam membeli ban.

Jenis Kode Pada Ban

Ada dua jenis kode ban sepeda motor yaitu metrik dan imperial. Ulasan ini berfokus pada kode ban sepeda motor metrik, yang cukup umum di pasaran.

Ukuran Lebar

Misalnya ban dengan kode 80/90-14 M/C 41P. Artinya, angka 80 sebelumnya menunjukkan lebar ban dalam milimeter (mm), sedangkan angka 90 adalah kode untuk membandingkan tinggi ban dengan lebarnya, yang biasa disebut sebagai aspek rasio. Jika lebar ban 80mm, berarti perbandingannya adalah 90% x 80 = 72mm.

Jenis Ban

Kode M/C (Medium Compound) memberikan informasi tentang jenis ban yang digunakan. Angka 14 yang tercantum adalah ukuran ring roda dalam inci dan angka 41 adalah beban maksimum yang direkomendasikan dalam Load Index.

Saat dikonversi, ban tersebut mampu membawa beban maksimal 150 kilogram.

Kecepatan Ban

Kemudian P-code berguna untuk mengetahui kecepatan maksimum yang dapat ditempuh ban. Dalam indeks kecepatan, ban berkode P dirancang untuk mencapai kecepatan tertinggi 150 km/jam.

Kode Unik

Setelah itu, ban tersebut juga memiliki kode numerik, misalnya 2421. Angka ini menunjukkan bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke-24 tahun 2021.

Baca juga

Tips Membeli Motor Bekas ,Agar Tak Kecewa Dikemudian Hari

Akhir Kata

Selain memahami Arti Kode Pada Ban Motor, kualitas juga harus diperhatikan. Ban berkualitas memiliki bahan yang kuat dan grip yang baik. Dan satu hal lagi: pastikan untuk membeli ban motor dari tempat yang terpercaya.