Ciri Kesehatan Mental Yang Perlu Anda Tahu

WarnaNusantara.comCiri Kesehatan Mental  – Kesehatan mental merupakan bagian integral dan mendasar dari kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa kesehatan mental lebih dari sekedar tidak adanya hambatan atau cacat mental.

Ciri Kesehatan Mental Yang Perlu Anda Tahu

Ciri Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah kondisi aman di mana orang mengetahui kemampuan mereka sendiri, dapat mengatasi titik stres kehidupan yang wajar, dapat bekerja dengan cara yang produktif dan dapat berbagi partisipasi dalam komunitas mereka.

Kesehatan mental adalah garis bawah untuk keanggotaan serta orang-orang kita sebagai orang untuk berasumsi, menjadi emosional, berhubungan satu sama lain, mencari nafkah dan menikmati hidup. Atas dasar inilah, promosi, perlindungan, dan penyembuhan kesehatan mental dapat menjadi perhatian vital orang, komunitas, dan warga di seluruh bumi.

Tingkat kesehatan mental seseorang ditentukan oleh berbagai aspek sosial, intelektual, dan biologis. Misalnya, kekerasan serta poin bobot sosial-ekonomi selalu diakui sebagai risiko terhadap kesehatan mental.

Kesehatan mental yang buruk juga berkaitan dengan perubahan sosial yang cepat, situasi aktivitas yang penuh tekanan, diskriminasi gender, pengucilan sosial, gaya hidup yang tidak sehat, kesehatan fisik yang buruk, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Lalu, bagaimana cara menilai kesehatan mental yang baik? Untuk menentukan ini, ada identitas kesehatan mental yang baik. Anda perlu mengenali apa identitas kesehatan mental untuk mengenali seperti apa kondisi mental Anda saat ini.

Selanjutnya kita akan membahas tentang identitas kesehatan mental beserta informasi lainnya tentang kesehatan mental.

Ciri Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri dan bagaimana Anda terbiasa dengan insiden kehidupan. Asosiasi Kesehatan Mental Nasional mengatakan 10 identitas kesehatan mental baru. Identitas kesehatan mental yang segar itu:

  • merasa baik tentang diri Anda.
  • tidak ditutupi oleh kemarahan, semacam ketakutan, kemarahan, cinta, kecemburuan, rasa bersalah, atau bahkan kecemasan.
  • memiliki ikatan individu yang langgeng dan melegakan.
  • merasa aman dengan orang lain.
  • bisa menyiksa diri sendiri.
  • meninggikan diri sendiri serta orang lain bahkan ketika ada perbandingan.
  • bersedia menerima gangguan hidup.
  • dapat memenuhi tuntutan hidup dan memecahkan masalah ketika muncul.
  • bersedia membuat keputusan sendiri.
  • buat area Anda sendiri jika mendapat izin, atau sesuaikan jika perlu.

Aspek Kesehatan Mental

Kesehatan mental tidak hanya mengacu pada keamanan emosional tetapi juga bagaimana orang berasumsi dan berperilaku. Tidak hanya mengenali identitas kesehatan mental yang baik, ada juga beberapa aspek berbeda yang Anda temukan dapat memengaruhi kesehatan mental.

Kebahagiaan hidup

Mengutip dari verywellmind. com, kemampuan seseorang untuk menikmati hidup sering menjadi penanda kesehatan dan keselamatan mental. Subjek ini sering didefinisikan sebagai sejauh mana seseorang menikmati pandangan hidup yang sangat berarti.

Beberapa aspek yang memainkan posisi signifikan dalam kebahagiaan hidup adalah tidak adanya rasa sakit, ikatan yang baik, rasa memiliki, aktif dalam profesi dan durasi waktu luang, rasa pendapatan dan kebahagiaan, harga diri yang positif, rasa kemandirian, dan perasaan mimpi.

Resiliensi

Keterampilan untuk bangkit dari kesulitan diucapkan sebagai “ketahanan”. Banyak orang yang tangguh untuk memimpin memiliki pemikiran positif tentang keahlian mereka untuk mengatasi tantangan dan mencari dukungan sosial saat mereka membutuhkannya. Mereka yang lebih kuat, lebih mampu mengatasi tekanan pikiran dan juga berkembang, terutama dalam menghadapinya.

Dukungan

Dukungan sosial berarti kesehatan mental yang baik. Kesepian telah diuji untuk memiliki beberapa dampak kesehatan minus. Ini telah dikaitkan dengan masalah kesehatan fisik dan mental termasuk penyakit kardiovaskular, stres mental, masalah memori, penyalahgunaan narkoba, alkoholisme, dan perubahan otak.

Baca juga:

Mengenal Profit Trading Dan Cara Merencanakan Take Profit

Menurunnya dukungan sosial yang penyebabnya perubahan hidup seperti kuliah, mengalami kesulitan sosial, berganti profesi, atau perpisahan dapat mengakibatkan penurunan kesehatan mental.

Namun untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah koneksi pendukung yang Anda miliki bukanlah aspek kehidupan yang sangat berarti, tetapi kualitas ikatan yang Anda miliki yang bermakna.

Fleksibilitas

Memiliki mimpi yang membosankan seringkali dapat menghasilkan stres bonus. Elastisitas emosional bisa serupa artinya dengan elastisitas kognitif. Orang-orang yang segar secara mental menghadapi berbagai kemarahan dan membiarkan diri mereka mengekspresikan perasaan ini. Beberapa orang menutup diri pada perasaan khusus, dan menganggapnya tidak mungkin tercapai.

Kurangnya elastisitas intelektual telah di kaitkan dengan beberapa jenis psikopatologi, sementara penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan elastisitas terkait dengan keseimbangan hidup yang lebih baik dan peningkatan ketahanan.

Metode Menjaga Kesehatan Mental

Bicara tentang perasaan Anda.

Berbicara tentang perasaan dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental yang baik serta membantu Anda menghadapi saat-saat ketika Anda mendapat masalah.

Selalu aktif.

Olahraga teratur dapat meningkatkan harga diri Anda dan dapat membantu Anda berkonsentrasi, tidur, dan membuat tubuh Anda merasa lebih baik. Olahraga membuat otak dan alat vital Anda tetap segar, serta berbagi manfaat penting untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

Baca juga:

Inilah 4 Gangguan Kesehatan Mental Menurut WHO, Simak Detailnya

Pola makan yang baik.

Otak menginginkan kombinasi nutrisi tetap segar dan memainkan peran yang baik, mirip dengan alat-alat lain dalam tubuh Anda. Diet yang baik untuk kesehatan fisik Anda juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Jauhi alkohol.

Alkohol sering orang konsumsi untuk mengubah suasana batin seseorang. Tapi, ketika minuman habis, Anda merasa kurang lebih baik karena cara alkohol mempengaruhi otak dan seluruh tubuh Anda. Jadi, minum alkohol bukanlah metode yang baik untuk mengelola perasaan yang sulit.

Selalu relevan.

Tidak ada yang lebih baik daripada bertemu seseorang secara langsung. Jika Anda tidak mengizinkan mereka untuk bertemu, Anda juga dapat menelepon atau mengirim catatan kepada mereka. Menjaga jalur komunikasi yang selalu terbuka juga berarti dalam kesehatan mental.

Mintalah dorongan.

Kita semua sering lelah atau kewalahan dengan apa yang kita rasakan atau ketika semuanya tidak sesuai dengan konsep. Jika semuanya terasa sulit bagi Anda, mintalah dorongan. Keluarga atau teman Anda mungkin dapat memberikan dorongan yang efisien atau mendengarkan dengan penuh perhatian.

Istirahat.

Perubahan suasana baik untuk kesehatan mental Anda. Ini bisa Anda coba dengan istirahat 5 menit, istirahat makan siang di tempat kegiatan, atau jalan-jalan ke tempat terbaru di akhir pekan. Beberapa menit sudah cukup untuk meredakan tekanan pikiran Anda.

Jalani sesuatu yang Anda kuasai.

Berolahraga favorit atau sesuatu yang Anda kendalikan dapat membantu mengatasi stres. Lakukan aktivitas yang Anda sukai, serta dapatkan penghasilan untuk meningkatkan harga diri Anda

Dapatkan dirimu.

Kita semua berbeda. Ingin lebih segar ketika Anda menyambut bahwa Anda istimewa, daripada ambisius Anda semacam orang lain. Merasa aman dengan diri sendiri meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk mengejar keanggotaan terbaru, mengunjungi tempat-tempat terbaru, dan menemukan teman-teman terbaru. Harga diri yang baik membantu Anda menghadapi masa-masa sulit.

Kesimpulan

Demikian penjelasan detail tentang – Ciri-Ciri Kesehatan Mental  – semoga bisa menambah wawasan Anda.