Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

WarnaNusantara.comPotensi Sumber Daya Tambang Indonesia – pengertian pertambangan menurut undang-undang nomor 4 tahun 2009. Dalam Undang-undang membahas tentang Pertambangan mineral dan batubara adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian. Pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum eksplorasi studi kelayakan konstruksi penambangan pengolahan dan pemurnian.

Kemudian pengangkutan dan penjualan serta kegiatan pascatambang. Barang tambang yakni suatu sumber daya alam yang berasal dari bumi. Sehingga unsur yang sifatnya tidak bisa di perbaharui karena pembentukannya membutuhkan waktu yang lama. Bahkan sampai berjuta tahun.

Potensi Minyak Bumi Dan Gas Bumi Indonesia

Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

Anda bisa lihat di gambar ini ini adalah contoh barang tambang yang

  1. Minyak bumi
  2. Pasir besi
  3. Boks
  4. Emas

Cadangan Minyak Bumi

Jika kalian bisa lihat di gambar ini ini adalah total cadangan minyak bumi Indonesia. Sedangkan minyak bumi dan gas bumi merupakan bahan tambang yang sangat bernilai ekonomis. Sebagai salah satu sumber devisa negara jenis barang tambang sumber energi dan bahan bakar ini berasal dari mikroorganisme Plankton. Misalkan seperti radiolaria, foraminifera, globigerina dan atom yang hidup di wilayah perairan laut dangkal berjuta-juta tahun yang lalu.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Hp Gaming Dua Jutaan Terbaik 2022

Cadangan Minyak Bumi

Minyak bumi Indonesia terletak di lapisan-lapisan batuan sedimen yang terbentuk pada zaman tersier sekitar 600 ribu-70 juta tahun yang lalu. Plankton merupakan jenis hewan yang pendek sekali umurnya setiap hari terjadi penumpukan bangkai-bangkai Plankton di wilayah laut dangkal. Dan lama kelamaan tumpukan bangkai Panton ini semakin tebal dan bercampur dengan materi dasar laut berupa Lumpur dan sebagainya. Karena pengaruh tekanan dan suhu yang tinggi di lingkungan tumpukan bangkai Panton tersebut lama kelamaan terjadi proses metamorfosis atau perubahan wujud menjadi butiran-butiran protein dan pada akhirnya menjadi lumpur minyak bumi.

Penghasil Minyak Dan Gas Bumi Di Indonesia

1.Pulau Jawa tersebar di wilayah wilayah lepas pantai utara Jawa.

2.Cirebon Jatibarang dan Bongas cepu-blora Wonokromo dan Delta Kali Brantas.

3.Sumatera terdapat di Perlak Langkat Pangkalan Brandan Plaju Palembang dumai-duri range dan pendopo.

4.Kalimantan tersebar di pantai timur Tama di Kutai bunyi Tarakan dan Balikpapan.

5.Maluku tersebar disekitar bulat atau Pulau Seram.

6.Sekitar kepala burung papua Kaimana dan waisan.

Potensi Batubara Indonesia

Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia Anda bisa lihat peta ini ini adalah total cadangan batubara Indonesia mulai Aceh sampai Papua. Barang tambang sumber energi yang kedua selain minyak dan gas bumi adalah batubara yang terbentuk dari sisa-sisa batang dan ranting sejenis pohon pakis yang hidup sekitar zaman karbon. Kemudian sisa-sisa batang pohon tersebut tertimbun dalam lapisan-lapisan batuan sedimen dalam waktu yang sangat lama.

Baca Juga : Mining Crypto Tanpa Peralatan Dan Listrik | Apakah Bisa?

Potensi Batubara Indonesia

Dalam pengaruh tekanan yang tinggi sisa tumbuhan tersebut mengalami proses metamorfosis dinamo dan terjadi perubahan wujud. Di mulai dari batang tanaman menjadi gambut (veen), batubara muda (lignit), batubara pertengahan (bitumin), batubara tua (antraksi) dan grafit. Semakin tinggi kadar karbon yang terkandung dalam massa batuan semakin baik kualitasnya.

Batubara banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi pada industri istri berat seperti PT Krakatau Steel. Selain itu juga di gunakan untuk keperluan bahan bakar rumah tangga. Daerah persebaran tambang batubara Indonesia antara lain Bukit Asam, Tanjung Enim (Sumatera Selatan merupakan tambang terbuka). Ombilin (Sumatera Barat merupakan jenis pertambangan tertutup) Pulau Laut (Kalimantan Selatan). Sekitar sungai Berau (Kalimantan Timur), pegunungan putus (Kalimantan Selatan) dan (Gowa Sulawesi Selatan).

Potensi Pasir Besi Indonesia

Kemudian potensi pasir besi Indonesia kalian bisa lihat peta ini ini adalah potensi keterdapatan pasir besi di Indonesia.

  1. Berada di pantai barat Sumatera
  2. Pantai Selatan Jawa
  3. Kalimantan
  4. Desi
  5. Nusa Tenggara
  6. Kepulauan Maluku
  7. Papua

Potensi Pasir Besi Indonesia

Pasir besi pada umumnya terdapat di sepanjang pantai terbentuk karena proses penghancuran batuan asal oleh Cuaca dan air permukaan. Yang kemudian tertransportasi dan di endapkan di sepanjang pantai. Gelombang laut. Dengan energi tertentu memilah dan mengakumulasi endapan tersebut menjadi pasir besi yang memiliki nilai ekonomis. Pasir besi sebagai endapan, letakkan atau placer, di Indonesia banyak di jumpai sebagai endapan aluvial pantai.

  • Endapan pasir besi antara lain terdapat :
  • Sepanjang Pantai Barat Sumatera
  • Pantai Selatan Jawa dan Bali
  • Pantai-pantai Sulawesi
  • Nusa Tenggara Timur
  • Maluku
  • Pantai utara Papua

Beberapa lokasi dilakukan eksplorasi bahkan eksploitasi namun sebagian besar lagi belum dilakukan eksplorasi. Pasir besi mengandung mineral utama magnetic atau besi oksida berasosiasi dengan titanomagnetite dengan sedikit magnetic. Sehingga dengan hematit yang disertai dengan mineral pengotor seperti kuarsa, piroksen, biotit rooting dan lain-lain. Pengotor lainnya yang biasa terdapat dalam pasir besi yaitu fosfor dan sulfur.

Proses terbentuknya pasir besi mulai dari

  • Batuan asal
  • Disintegrasi
  • Transportasi
  • Sedimentasi
  • Pencucian kemudian terbentuklah endapan pasir besi.

Potensi Emas Indonesia

Galian bisa lihat di gambar ini adalah tetap potensi emas Indonesia mulai dari pulau Sumatera Jawa Kalimantan Sulawesi Nusa Tenggara Maluku sampai ke Papua. Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan beberapa endapan. Terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal sedangkan dengan konsentrasi. Sehingga secara mekanis menghasilkan endapan letakkan atau placer.

Anda bisa lihat di gambar di bawah

Potensi Emas Indonesia

Tersebut adalah salah satu proses pembentukan emas emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa. Kekerasannya berkisar antara 2,5 sampai 3 skala Moss serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain. Berpadu dengan nya mineral pembawa emas. Biasanya asosiasi dengan mineral ikutan mineral ikutan tersebut umumnya kuarsa karbonat turmalin flower Park dan sejumlah kecil mineral non logam.

Potensi Nikel Indonesia

Nah, endapan nikel laterit merupakan biji yang di hasilkan dari proses pelapukan batuan ultrabasa yang ada di atas permukaan bumi. Istilah lateris sendiri di ambil dari bahasa latin “letter” yang berarti batu bata merah. Yang ditemukakan oleh MF buchanan 1807 yang digunakan sebagai bahan bangunan material tersebut sangat rapuh dan mudah dipotong. Tetapi bila terlalu lama terekspos maka akan cepat sekali mengeras dan sangat kuat.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap!! Cara Hitung Pertumbuhan Penjualan Perusahaan

Anda bisa lihat di gambar ini

Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

Di atas adalah nikel laterit merupakan regulit atau tubuh batuannya mempunyai kandungan Fe yang tinggi dan telah mengalami pelapukan. Termasuk didalamnya profil endapan material hasil transportasi yang masih tampak batuan asalnya. Sebagian besar endapan materi mempunyai kandungan logam yang tinggi dan dapat bernilai ekonomis tinggi. Sebagai contoh endapan besi, nikel, mangan dan bauksit. Persebaran dijual di Indonesia ada di Luwutimur Sulawesi Selatan, Sorowako Sulawesi Selatan, Kolaka di Sulawesi Tenggara, Morowali di Sulawesi Tengah, Halmahera Timur di Maluku utara Pulau Ternate Pulau Obi dan pulau GB di Maluku Utara, dan pulau guppy Papua Barat .

Penutup

Nah, Cukup sekian pembahasannya tentang – Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia-yang kaya akan sumber tambang yang dihasilkan oleh Negara Indonesia. Dengan pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih