Oktober 8, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Wisata Tersembunyi di Tengah Kota Bandung

“It’s easier to go down a hill than up it but the view is much better at the top.” – Henry Ward Beecher

Berwisata ke Kota Bandung pastinya yang akan terbesit diingatan adalah wisata belanja dan kulinernya. Salah satu daerah yang terkenal akan kawasan belanja dan kuliner adalah Dago. Siapa yang tidak kenal dengan jalan ini, sepanjangnya dijejali oleh factory outlet dan resto. Karena keramaiannya pula kadang kala daerah ini dikenal sebagai tengah Kota Bandung. Namun demikian ternyata Dago menyimpan wisata alam yang tersembunyi, alam nan cantik dan mempesona, wisata tersembunyi ditengah Kota Bandung.

Pesona Tebing Keraton yang luar biasa indah menjadi magnet bagi sebagian besar orang untuk mengabadikan dirinya dengan berphoto dan berlomba-lomba memposting nya ke dalam sosial media. Tebing Keraton menjadi fenomana dikalangan pengguna sosial media twitter dan instagram. Berada di kawasan Taman Hutan Raya Juanda (Dago Pakar) tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Wisata Ciburial Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Tebing ini berada di ketinggian 1200m/dpl, di bawahnya menyajikan pemandangan indahnya hamparan hutan pohon pinus hijau bagian dari Taman Hutan Raya Juanda yang dibelah oleh aliran Sungai Cikapundung. Biasanya waktu berkunjung kesana pada saat matahari terbenam atau bahkan dini hari.

Pemandangan alam spektakuler akan didapat pada saat jam 6 pagi hari menyambut saat matahari terbit. Arak-arakan kabut diantara pohon pinus membuat suasana makin eksotis dan romantis. Tidak hanya di pagi hari saat menjelang sore hari pun pemandangan di Tebing Keraton tak kalah mempesona. Menikmati keindahan alam yang disajikan melalui indahnya langit biru dan siluet keemasan saat matahari perlahan terbenam.

Awal nama Tebing Keraton dipopulerkan oleh Bapak Asep Sobana pada awal mei 2014. Dinamakan demikian karena tebing dalam bahasa sunda memiliki arti gawir atau jurang sedangkan Keraton adalah sebuah perlambang dari kemewahan atau kemegahan alam. Dulunya masyarakat setempat umumnya mengenalnya sebagai Cadas Jontor. Di sebut jontor disebabkan postur batu besar yang menjorok ke depan. Di atas bebatuan inilah dapat dinikmati pesona keindahan alam tebing.

Kota Bandung dengan daya tariknya sudah menjadi destinasi wajib turis lokal. Kota yang gemerlap oleh segala macam keunikannya, keramahan warganya hingga komoditi yang dapat dibeli dengan murahnya. Walaupun demikian ternyata ada pula sesuatu yang menarik yang hampir orang lupakan. Kecantikan bumi parahyangannya. Tepatnya Tebing Keraton di ujung atas Jalan Dago. Sayangnya kecantikan tebing ini baru bisa kita nikmati sebulan kedepan. Ya tak apa lah, menunggu satu bulan untuknya bersolek lebih mempercantik diri.

 

Liputan Yudiari Widyawati, Kontibutor Warna Nusantara

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *