Agustus 11, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Upacara Pengibaran Bendera di Bawah Laut Pantai Gapang, Sabang

Beberapa hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Acara seremonial dalam rangka har ini biasa kita temui semulai dari perlombaan-perlombaan khasnya hingga upacara pengibaran benderanya.  Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 69 ini pula komunitas Penghobi selam Aceh mengadakan suatu acara yang unik yaitu Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut.

Acara Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut ini berlokasi di Bawah Laut Pantai Gapang, Sabang, Aceh. Acaranya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2014 pukul 14.00 WIB. Adapun perangkat upacara pengibaran bendera ini adalah sebagai berikut: Inspektur Upacara,  Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Pulung Pambudi; Komandan Upacara, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Imam Musani, SE; ADC Inspektur Upacara : KLS Sulthon; Tim Pengibar, Angkatan Laut Kelasi Kepala  TTG  Ishak Hendry Bella,  Raider 112, Lettu Inf. Fitra Rakhmaddy Syasna, Basarnas, Yusniar, S.Pd.I; serta Perwira Upacara, Mayor Laut (S) Adhie Hartanto. Acara ini sendiri ditargetkan untuk dapat diikuti oleh 200 penyelam dari dalam dan luar negeri.

Acara Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut ini merupakan agenda utama dari acara Aceh Diving Championship, acara yang direncanakan menjadi agenda tetap setiap tahun di seluruh Kabupaten di Aceh.  Selain acara tadi akan dilaksanakan pula Sabang Open dengan agenda Fin Swimming 3000 Putra/Putri pada tanggal 15 Agustus jam 14.00 WIB yang akan dibuka oleh  dan Perlombaan Orientasi Bawah Air (OBA) 5 Point (5 rambu) Putra/Putri yang akan dilaksanakan tanggal 16 Agustus 2014.

Acara ini terbuka untuk umum dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pengibaran Bendera Bawah Laut gratis untuk umum, tetapi harus melampirkan sertikat selam yang dimiliki.
  2. Perlombaan Finswimming, mampu menggunakan alat dasar seperti fin, masker dan snorkel dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150.000 (Seratus limapuluh ribu rupiah) mendapat sertifikat keikutsertaan dan baju kaos raglan.
  3. Perlombaan OBA – 5 point, harus melampirkan sertikat selam yang dimiliki, dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150.000 (Seratus limapuluh ribu rupiah) mendapat sertifikat keikutsertaan dan baju kaos raglan
  4. Perlombaan perfect-buoyancy yang mana para peserta berlomba menjaga keseimbangan tubuh didalam air untuk mendapatkan kondisi terapung yang sempurna pada kedalaman yang sudah ditentukan. Dengan biaya pendaftaran Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) peserta sudah mendapatkan kesempatan untuk berlomba dengan memperebutkan hadiah yang menarik.
  5. Kegiatan Underwater Clean-up dimana para penyelam melakukan pembersihan bawah laut bersama-sama,

Hadiah yang akan diperebutkan adalah uang juataan rupiah, trophy, voucher menginap di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, tiket Garuda Indonesia rute Banda Aceh – Jakarta (PP) dan berbagai hadiah doorprize menarik lainnya.Pendaftaran sudah dibuka secara online yang bisa diakses langsung di website www.acehdiving.com dan pendaftarannya sendiri akan ditutup pada tanggal 10 Agustus 2014.

Kegiatan yang terlakasana berkat kerja sama beberapa intansi pemerintah, swasta dan komunitas penghobi selam ini juga diharapkan nantinya akan menjadi agenda tetap tahunan di Aceh untuk mempromosikan potensi wisata bawah laut Aceh dan memasyarakatkan olahraga selam yang belum popular di daerah ini.

Bagi anda penggemar olah raga selam dan ingin mencoba sensasi Upacara Pengibaran Bendera di Bawah Laut serta ingin mengeplorasi bawah laut Aceh yang indah silahkan segera mendaftarkan diri. Untuk informasi bisa menghubungi Nurjannah Husien hp 08116829244.

Renaldi, Senior Kontributor Banda Aceh, Warna Nusantara

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *