Agustus 19, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Upacara Agung Memperingati 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia

70 tahun perjalanan bangsa ini di alamnya yang bebas merdeka. Banyak yang sudah dilalui dan menjadi pelajaran berharga bagi warganya. Seolah sudah memprediksi dari awal para pendiri republik ini mempersiapkan dasar-dasar untuk dapat memperkuat negara melalui segala ancaman, baik dari dalam dan luar. Dasar-dasar negara yang tak lepas dari jati diri bangsa yang bersahaja dan tepo saliro. Permasalahan-permasalahan yang muncul kini bisa jadi salah satunya adalah karena makin ditinggalkannya dasar-dasar negara dan jati diri bangsa. Karena alasan itulah para budayawan Jawa Barat mengadakan Upacara Agung memperingati 70 tahun kemerdekaan Indonesia.

Acara ini diadakan dan diikuti oleh budayawan-budayawan Jawa Barat di Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung. Tampak sedikit berbeda didama dalam upacara ini diadakan pula syukuran bagi leluhur dan Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan udara kebebasan selama 70 tahun bagi nusantara. Tang terpenting adalah lewat acara ini para penghuni negeri ini diingatkan akan dasar-dasar negara yang ada dan mulai ditinggalkan yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Segala permasalahan bangsa yang mengakibatkan perpecahanpun akan dapat diselesaikan dengan ke-Bhineka Tunggal Ika-an. Mengingatkan kita pula bahwa bangsa ini kaya akan sumber daya alam dan budayanya.

Selama 70 tahun bangsa ini menjalani hiruk-pikuknya kehidupan di alam bebas seakan si penghuni terlena dan lupa akan akar rumputnya. Lebih bangga dengan bendera dan lencana yang di sandangnya. Lupa akan akar rumputnya, Bhineka Tunggal Ika.

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *