Juni 26, 2015
Warna Nusantara (339 articles)
0 comments

Three in One di Keea Waffle Pancake & Crepes

“Waffles are just awesome bread.” – John Green

Salah satu panganan yang terkenal hampir diseluruh dunia, bahkan mungkin makanan tertua yang hingga sekarang masih hidup dan berkembang, adalah kemunculan pertamanya di Benua Eropa pada abad pertengahan diperkirakan sekitar abad ke-9 atau 10, kue bercorak khas ini awalnya bercorak motif kerajaan atau klan keluarga, bahan adonannyapun hanya air dengan tepung saja. Kue ini tidak dapat dipisahkan dengan plat besi sebagai cetakannya. Sekitar abad ke-14 hingga 16-an, mulai dimasukkan telur serta tepung gandum sebagai bahan adonannya, dan berkembang dengan menambahkan rasa manis pada sekitaran abad ke-17 hingga 19-an, walaupun hanya kaum bangsawan saja yang bisa mempergunakan gula ke dalam adonan karena jarang serta mahalnya bahan ini. Kata waffle pertama digunakan di Inggris pada awal abad ke-19. Akhir abad ke-19 waffle berkembang dengan pesat seiring dengan menurunnya harga gula di pasaran Eropa, hingga akhirnya di awal abd ke-21 resep waffle sudah baku dan beredar dimana-mana. Bentuk corak waffle yang populer itu atau di negara nenek moyangnya sana terkenal dengan istilah Belgian-style waffle, disebut demikian karena kemunculannya di acara Expo tahun 1958 di Brussels, Belgia, dan akhirnya mendunia setelah muncul di acara Seatlle World’s Fair, Amerika Serikat Tahun 1962. Waffel dan Waffer bisa dikatakan sama saja, hanya lafal “l” dan “r” saja yang membedakan sesuai dengan bahasanya Jerman dan Inggris. Di Nusantara sendiri makanan ini cukup terkenal pula bahkan ada produsen lokal yang berhasil mengembangkan usaha ini, Keea Waffle Pancake & Crepes.

Menurut pendirinya, Keea diambil dari Bahasa Arab yang bisa diartikan sebagai doa. Kedai ini pertama muncul pada bulan Oktober tahun 2014 di Cilacap dengan pendirinya Mas Purnomo. Hingga kini Keea Waffle Pancake & Crepes ini menjadi waralaba yang sudah ada di Cilacap, Yogyakarta, Binjai, Madiun serta kota-kota kecil lainnya di seputaran Jawa Tengah dan Timur, hingga yang terakhir ini berada di Cihampelas Walk/Ciwalk, Bandung.

Berlokasi disalah satu mall strategis di Bandung, membuat penikmat Keea Waffle Pancake & Crepes ini dinikmati bukan hanya oleh Warga Bandung saja, namun juga oleh wisatawan-wisatawan lokalnya seperti Jakarta, hal ini terjadi terutama di akhir pekan. Yang unik Keea bukan hanya gerai yang menjual satu produk saja layaknya gerai-gerai sejenis lainnya, disini disajikan tiga menu sekaligus sebagai pilihan, waffle, pancake dan crepes. Bahkan lebih istimewa lagi, khusus untuk gerai di Ciwalk, Bandung sang pemilik berhasil menemukan resep baru, disajikan dengan topping es krim. Tidak heran menu yang paling sering dipesan oleh pelanggannya adalah Waffel Topping Nutella Cheese with Green Tea Ice Cream. Silahkan datang saja, pilih salah satu dari tiga menu utamanya dan nikmati sambil jalan-jalan di Ciwalk Bandung.

Liputan Irvan Minz Priono Kontributor Warnanusantara

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *