The Singer’s Great Escape
Juni 20, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

The Singer’s Great Escape

“Memasak itu bukan hal bisa apa ngga tapi mau atau tidak.” –  Yanti Widia

 

Demikian ungkapan Yanti Widia tentang kegemaran memasaknya. Semua sudah ada, apapun masakannya semua resep ada di google. Pada saat ini kuliner sudah menjadi dunia entertainment dan lifestyle, hal itu yang membantu kita yang asalnya awam dalam dunia kuliner menjadi ahli di dapur sendiri. Memasak sudah menjadi suatu yang bisa dibanggakan oleh Yanti karena awalnya dunia dapur sangat jauh dari kehidupannya. Jangankan untuk memasak semdiri muncuci piring kotor saja enggan. Mengingat masa lalunya itulah ia merasa bangga dengan kemampuan memasaknya sekarang.

Bahan-bahan masakan akan sangat berpengaruh kepada makanan yang kita buat. Memang harga tidak akan bohong. Yang terpenting bahan harus segar agar enak disantap. Begitupun makanan Eropa yang biasa Yanti Widya hidangkan, namun ia akan menambahkan bumbu Nusantara agar rasa lebih familiar. Contohnya saja dengan menambahkan cabe rawit pada spaghetti buatannya. Walau makanan yang Yanti Widia ciptakan sudah luar biasa namun dia belum percaya diri untuk membuat dalam jumlah yang besar seukuran prasmanan. Begitupun halnya ketika ditanya untuk membuka bisnis kuliner. Baginya rasa dan penyajian makanan itu sangat berpengaruh pada harga makanan tersebut. Chef-chef dibayar mahal untuk hal itu.

Suami dan anaknya adalah orang yang sangat menginspirasi Yanti Widia untuk memasak. Selalu ingin menyajikan makanan yang terbaik bagi suaminya ketika pulang ke Nusantara – Suami bekerja di Eropa, semakin membuatnya cinta pada dunia dapur. Selalu tertarik akan foto makanan yang diunduh teman-teman kemudian mencicipi langsung ke tempat kadang menanyakan langsung cara pembuatannya dan pulang ke rumah dengan langsung mencoba membuatnya sendiri. Kadang kala bereksperimen langsung dengan bumbu-bumbu atau bahan yang baru agar bisa masuk dengan seleranya dan yang terpenting selera suami dan anak-anak. Selalu belajar dari pengalaman, bertanya dan melihat sendiri gaya memasak dan menyajikan makanan para chef terkemuka pasti kita akan bisa, ujarnya. Selain memasak dan menyajikan sendiri makanannya bukan sekedar itu saja, akan lebih mengasyikan jika kita mengetahui historis dari makanan tersebut.

Makanan pembuka yang disajikannya ternyata merupakan salah satu pastry buatannya sendiri. Meringue, cemilan manis mirip sponge yang terasa manis begitu sampai di lidah. Tak lupa satu lagi yang menjadi favoritnya, Cheese Stick. Cemilan yang dibalut keju ceddar sebagai toppingnya. Kali ini kuliner yang disajikan adalah Happy Salad with Italian Dressing. Salad ini disajikan seperti umumnya salad khas Itali dengan lettuce, tomat, paprika, keju, olive oil, dll. Rasa salad khas Italia ini tercium ketika sudah diaduk. Kemudian Spaghetti Aglio E Olio with Smoked Beef ala Chef Yanti. Spaghetti ala Yanti ini dimasak seperti biasa namun dimodifikasi dengan rasa pedas dari rawit yang dicampur dengan racikan dari import. “Biar terasa pedas rasa nusantaranya,” lanjutnya. Dan memang rasa sensasi pedas rawit dan gurih dari Spaghetti ini semakin membuat lidah menagih lagi. The last but not the least, sajian dessert ala Chef Yanti ini menyajikan Banoffee Pie. Dessert ala Eropa ini adalah campuran almond, cookies, karamel, Pisang, Cream dan coklat tabur. Disajikan dengan dingin akan menambah rasa nikmat ketika disantap.

Yanti Widia bukan hanya seorang ibu saja, di luar itu dia adalah seorang vokalis sebuah Band Jazz Indie Bandung yang sudah mengeluarkan album. Selain bermusik memasak pun adalah curahan hatinya. Bukan hanya ingin menghibur orang lain lewat suaranya namun juga lewat masakannya. Segala penat akan hilang ketika kita memasak apalagi setelah melihat makanan yang disajikan.

Jamuan makan siang Warna Nusantara dengan Yanti Widia dirumahnya di Cimahi, Bandung, dimasak dan disajikan langsung oleh yang bersangkutan.

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *