Juni 30, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

The Mechanical Chef, Chef Dadang Suryaman, Executive Chef The Papandayan Hotel

 “An idealist is one who, on noticing that a rose smells better than a cabbage, concludes that it makes a better soup.” – H.L. Mencken, A Book of Burlesques

Tak terasa sudah 22 tahun Chef Dadang berkarir di dapur The Papandayan Hotel Bandung. Dunia yang sama sekali belum pernah dia cita citakan sebelumnya. Namun perjalanan waktu membawanya mencintai dunia kuliner terutama kuliner nusantara.

Chef Dadang kecil bercita cita ingin menjadi seorang mekanik. Hingga lulus sekolah dia mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia mekanik ini. Keteguhan dan keyakinan hati ternyata tidak berpihak pada nasibnya. Serangkaian kegagalan tersebut membuat orang tua Chef Dadang khawatir. Kekhawatiran orang tua tersebut membawanya berkenalan dengan dunia perhotelan khususnya kuliner. Dan akhirnya berkat arahan dan dorongan orang tua beliau akhirnya menuntut ilmu di BPLP (NHI) Bandung. Setelah lulus dari sekolah yang membawanya berkarir sampai ke Inggris dan negara lain sebelum akhirnya berlabuh di The Papandayan Hotel. Bakat dasarnya sebagai mekanik tidak ia tinggalkan hingga kini. Urusan otak atik mobil hingga sekarang masih dia lakukan sendiri. Jauh meninggalkan dunia masaknya, itulah obat mujarab dalam mengatasi kejenuhannya.

Menurutnya, selama manusia hidup pasti memerlukan makanan dan selama itu pula manusia akan memperhatikan dan mencari makanannya, termasuk produsen makanan bersaing untuk menjadi nomor 1 dalam menyajikan makanan. Atas dasar pertimbangan tersebut Chef Dadang selalu fokus pada “rasa” dalam makanannya. Selama kita berfokus pada hal tersebut selama itu pula penikmat kuliner akan selalu kembali pada kita.

Sama seperti rekan-rekannya di sekolah kulinernya dulu mengidolakan Escoffier, saat ini Chef Dadang mencoba mengembangkan masakannya agar dapat diikuti oleh penerusnya. Chef penggemar segala rasa makanan terutama sayur kacang dan makanan tradisional Sunda ini mencoba bereksplorasidan mengembangkan masakan tradisi nusantara agar terus lestari dan menjadi kebanggan bangsa agar bisa mendunia.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *