The High Level of Indonesian Cuisine
Februari 15, 2016
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

The High Level of Indonesian Cuisine

“Makanan Indonesia adalah salah satu makanan yang paling menarik dan beraneka ragam di dunia, penuh dengan cita rasa kuat dan unik yang diolah dari bahan rempah khusus.” – Chef Denny Gunawan, The Papandayan Hotel Bandung

Entah bagaimana jadinya alur sejarah nusantara jika Bangsa Portugis pada Abad ke – 16 tidak datang ke negeri yang kaya rempah ini. Mungkin kekayaannya tidak tersebarluaskan dan diekploitasi yang pada akhirnya menimbulkan penjajahan. Namun tidak semuanya menimbulkan penderitaan pula karena banyak pengaruh dari bangsa luar yang menambah kayanya kuliner kita. Walaupun demikian nampaknya kewaspadaan akan kembalinya penjajahan patut kita munculkan dimana kekayaan kuliner kita lama kelamaan terkikis bahkan hampir punah diantara meledaknya industri itu sendiri. Kuliner yang terlahir dari bumi yang kaya rempah harus kalah dengan makanan yang nampak lebih tinggi kastanya. Kastanya? Mungkin ini salah satunya cara melawan imperialisme kuliner, dengan menaikan kasta kuliner nusantara, menciptakan The high level of of Indonesian cuisine.

Adalah The Papandayan Hotel Bandung lewat Cantigi Wine & Dine -nya yang mencoba mewujudkan kuliner nusantara yang berkelas. Menu yang dinamai Tuna “Tataki” Seasoned, “Sup Kepiting” Seafoo Bisque, “Gepuk” Slow Cook Marinated Wagyu 9+, Pan Seared Salmon serta “Colenak” Fermented Cassava “Pannacotta” tersedia disana adalah contohnya. Tuna yang dikombinasikan dengan rempah bali, sup kepiting, serta steak wagyu dengan citarasa gepuk, salmon yang dipadukan dengan singkong serta asinan mangga dan makanan penutupnya panacotta colenak, benar-benar membuat kita takjub. Betapa makanan yang dapat kita temui di rumah-rumah hingga penjaja pinggir jalan mampu disajikan secara berkelas.

 

Dirasa sudah menjadi tanggungjawab moral bagi Chef Denny Gunawan, Chef in Charge, Cantigi Wine & Dine, The Papandayan Hotel Bandung untuk mengangkat kuliner ke level yang lebih tinggi. Chef lulusan STPB Bandung yang telah berkecimpung di dunia ini selama 13 tahun memiliki segudang prastasi diantaranya runner up di acara TV Top Chef Indeonesia serta 10 besar dalam acara The Amazing Food Challenge Filipina yang digelar oleh Asian Food Channel (AFC). Menurutnya, “Makanan Indonesia adalah salah satu makanan yang paling menarik dan beraneka ragam di dunia, penuh dengan cita rasa kuat dan unik yang diolah dari bahan rempah khusus. Di Indonesia terdapat beraneka ragam buah-buahan, sayuran dan rempah. Saya ingin membuat yang terbaik dari bahan-bahan tersebut dan membawa makanan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi. Anda dapat menikmati hidangan Indonesia yang eksotis tetapi dengan art of cooking dan penyajian yang benar, anda akan mengalami kenikmatan hidangan istimewa yang berbeda dan bercita rasa.” Dalam acara The Art of Cuisine yang dilaksanakan Jumat, 12 Februari 2016 lalu di Cantigi Wine & Dine, The Papandayan Hotel Bandung, Chef Denny Gunawan mendemonstrasikan penataan makanan tradisional yang sederhana dilakukan namun berkelas dan mengundang selera makan.

Dalam acara jamuan makan malam ini hadir sebanyak 50 tamu undangan khusus The Papandayan Hotel dimana mereka dijamu dengan menu-menu tradisional namun berkelas dalam suasana eksklusif. Ternyata menu-menu tadi berhasil membuat para undangan terkagum-kagum, bahkan sebagian dari mereka merasa tidak malu bahkan bangga untuk menunjukannya kepada kolega-kolega yang biasa mereka jamu dalam acara resmi dan eksklusif. Sudah saatnya memang sejarah berputar dimana kuliner yang kaya ini menang di negerinya sendiri bahkan unggul di luar kandangnya. Sudah menjadi tanggung jawab bersama terutama penggerak industri kuliner untuk menaikan kuliner nusantara ke level yang lebih tinggi.

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *