Juli 3, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Tajil Khas dari Bogor

Setiap bulan Ramadhan tiba, mie glosor selalu menjadi menu tajil berbuka puasa di kota Bogor. Ramadhan identik dengan mie glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini. Dari namanya saja makanan yang satu ini sudah membuat penasaran orang untuk mancobanya.  Apa sih mie glosor itu?

Diambil dari Bahasa Sunda kata glosor artinya mudah ditelan karena krakterisik mie nya yang licin sehingga ketika ditelan masuk begitu saja di tenggorokan.

Mie glosor sekilas sama dengan mie kuning yang sering kita jumpai. Yang membedakan hanya bahan bakunya. Jika mie kuning biasa terbuat dari tepung terigu, maka mie glosor ini  menggunakan adonan tepung sagu atau aci dan tambahan kunyit untuk membuat warnanya menjadi lebih  kuning.

Jaman dahulu mie ini  banyak dijual sebagai jajanan biasa namun seiring berjalannya waktu mie khas Bogor ini sekarang hanya dikonsumsi di saat bulan Ramadhan saja.

Mengolah mie glosor tidakah sulit. Semua orang bisa membuatnya. Mie yang sudah jadi dimasak dengan sayuran kol yang dipotong kecil-kecil kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih dan merica sama halnya ketika kita membuat mie goreng hanya tidak ditambahkan kecap. Mie glosor biasanya disajikan bersama sambal kacang yang pedas diguyurkan diatas mie. Gorengan seperti Bakwan dan tempe adalah salah satu pendamping favorit mie glosor.

Untuk kalian yang tertarik ingin mencicipi kuliner ini tidak usah khawatir takut kehabisan. Di Bogor mie glosor selain bisa ditemukan di sepanjang jalan Bangbarung, kalian juga bisa mampir di setiap jalan yang menyediakan jajanan buka puasa di sepanjang pingir jalan seperti daerah Jembatan merah, Surya Kencana, Lodaya, dan masih banyak lagi.

 

Sri Aryati,  Senior Kontributor Warna Nusantara

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *