Semarak Festival Ekonomi Syariah dan Pemberdayaannya
September 11, 2017
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Semarak Festival Ekonomi Syariah dan Pemberdayaannya

 

Mendorong Peran Ekonomi Syariah dalam rangka Penguatan Ekonomi Nasional

“Bank Indonesia Regional Jawa”

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2017 ini digagas oleh Bank Indonesia dalam rangka memberikan edukasi dan mensosialisasikan ekonomi syariah di masyarakat dengan cara melibatkan beberapa pihak seperti Pemda, Otoritas Jasa Keuangan, UMKM, Lembaga Keuangan, Pondok Pesantren dan Penggerak Ekonomi Syariah. Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat mendapat kehormatan sebagai penyelenggara event tahunan ini. Acara ini mempunyai tema Mendorong Peran Ekonomi Syariah dalam rangka Penguatan Ekonomi Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 13 – 15 September di Pusdai Jl. Diponegoro, Bandung. Kegiatan edukasi dan sosialisasi ini diantaranya melalui seminar, workshop dan talkshow yang mempunyai kaitan dengan model ekonomi dan keuangan syariah, industri halal dan pemberdayaan pesantren supaya edukasi pemberdayaan ekonomi syariah ini akan dipahami oleh masyarakat dengan baik.

FESyar Regional Jawa ini juga diisi oleh lomba duta ekonomi Syariah, lomba kesenian daerah bernuansa Islami, lomba kaligrafi, lomba da’i cilik dan lomba entrepreneur muda inspiratif Syariah yang para pesertanya adalah pemenang dari lomba serupa yang sudah dilaksanakan sebelumnya di seluruh kantor Regional Jawa dari Kantor Perwakilan DKI Jakarta, Tasikmalaya, Cirebon, Banten, Jawa Barat Tegal, Jember dan Malang. Selama tiga hari mereka akan berkompetisi mewakili Regional Jawa pada ISEF di Surabaya nanti.

Para pemenang lomba kemarin antara lain Juara 1 lomba kaligrafi diraih oleh Yusuf Maulana (Indramayu), Juara 1 lomba da’i cilik oleh Intan Antika (Kab. Bandung), Juara 1 lomba kesenian daerah bernuansa Islami oleh Ponpes Suryalaya (Kab. Tasikmalaya), Juara 1 entrepreneur muda syariah oleh Kaliba (Kab. Sukabumi) dan Juara 1 duta ekonomi syariah oleh Ananda Suci Munggaran.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini bertemakan 5 F (Finance, Food, Finance, Funduntainment, Funtrepreneur) menambah kegiatan pada tanggal 13 – 15 September nanti dimana sebagian besar para tenant pengisi akan diisi oleh penggerak usaha kecil menengah binaan Bank Indonesia yang ada di regional Jawa dan sudah mempraktekan bisnis berbasis Syariah di bidang makanan, minuman, fashion, jasa pendidikan, biro perjalanan haji dan umroh, jasa keuangan syariah.

 

peliput: paraguna photography & ivan

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *