Januari 26, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Sate, Barbeque Ala Indonesia

Naluri manusia purba pertama yang telah mampu memanfaatkan api untuk memasak makanannya adalah dengan membuat daging panggang. Teknik menusuk daging dengan kayu sebagai pegangan sekaligus penahan panas, adalah teknik dasar membuat sate pada masyarakat modern. Diduga sate mulai berkembang di Indonesia pada awal abad ke – 19 dimana makin banyaknya pendatang dari Arab ke pulau Jawa. Makin menjamurnya warung sate pada saat itu mempercepat penyebarluasan sate. Kaum kolonial di Bandung bahkan mengabadikan jenis kuliner ini dalam sebuah gedung, Gedung Sate.

Sebenarnya sate tidak hanya ada dan berkembang di pulau Jawa, hampir semua daerah di Indonesia memiliki jenis sate tersendiri. Beberapa contoh sate terkenal di Indonesia yaitu: Sate Madura, Sate Padang, Sate Cirebon, Sate Ponorogo, Sate Maranggi, Sate Bali dll. Masing-masing daerah dan jenis sate mempunyai ciri khas tersendiri. Perbedaannya biasa terdapat dari daging dan bumbunya. Beragam bumbu yang digunakan dari mulai bumbu atau saus kacang, bumbu yang kental dan penuh rasa dari sate padang, hingga hanya dengan kecap dicampur irisan bawang merah dan cabai saja seperti sate maranggi. Daging yang dipergunakan sebagai bahan sate biasanya diambil dari daging binatang ternak seperti sapi, kambing, ayam, bebek, kuda ataupun babi (biasanya sate dengan daging ini kita bisa jumpai di daerah yang menganut agama non muslim), namun demikian adapula sate yang menggunakan daging dari binatang yang dianggap ekstrim untuk dinikmati seperti; kelelawar, ular dan tikus hutan. Jenis sate ini biasanya bisa kita jumpai di daerah Sulawesi Utara. Untuk anda yang raja tega, bisa juga mampir ke daerah Lembang, Jawa Barat, silahkan anda coba Sate “Kelinci.”

Sebenarnya sate bukan hanya kuliner milik Indonesia saja. Masyarakat internasional menyebut kuliner ini dengan istilah barbeque. Dengan perbedaan teknik penyajian dan masakannya namun tetap barbeque ala Indonesia ini adalah salah satu masakan favorit Indonesia.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *