Agustus 14, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Sarapan Kuliner Nusantara di Horison Bandung

 “One should not attend even the end of the world without a good breakfast.” – Robert A. Heinlein, Friday

Salah satu kekayaan Nusantara ada pada dunia kulinernya. Banyak diantaranya sudah diakui dunia. Kekayaan kuliner ini sudah ada semenjak dulu dan turun temurun hingga sekarang. Kuliner ini kadangkala jika kita telusuri sejarahnya bisa hanya dimasak dan disajikan alakadarnya saja. Hal ini dimungkinkan karena keterbatasan peralatan atau bahkan karena suasana prihatin di jaman penjajahan. Salah satu contohnya adalah Nasi Goreng kampung. Nasi goreng ini biasanya sudah dikenal oleh generasi orang tua kita. Nasi goreng ini dibuat dengan bahan utamanya nasi dan terasi saja. Dikarenakan pada masa itu – pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat sangat sulit untuk mendapatkan bahan-bahan makanan, apa saja yang bisa didapat mereka olah menjadi makanan, salah satunya nasi goreng ini.

Makanan ini kembali ditampilkan di Malabar Coffee Shop, Hotel Horison, Bandung. Nasi goreng yang dinamai Nasi Goreng kampung ini dihidangkan kembali dengan sangat menarik dengan rasa yang berbeda dan tentu saja enak walaupun tidak menghilangkan bahan utamanya, terasi.

Menu-menu Kuliner Nusantara akan kita dapatkan di Malabar Coffee Shop setiap hari rabu. Sesuai dengan konsep restoran di Hotel Horison, Bandung ini yang tematik dan berganti setiap harinya. Bukan bermaksud untuk mengikuti program Rabu Sunda dari Walikota Bandung tetapi memang dari dulu Kuliner Nusantara akan ditampilkan setiap hari rabu.

Selain Nasi Goreng kampung kita dapat menikmati hidangan khas Nusantara lainnya seperti Soto Bangkong, aneka bubur, baso tahu dan siomay, aneka bakso kuah dengan kwetiaw atau bihun dan mie yag dapat dikombinasikan sesuai selera, serta ampas tahu. Ampas tahu, makanan khas satu ini biasa dihidangkan oleh masyarakat sunda namun memang untuk saat ini sudah sulit kita temukan lagi. Ampas tahu sesuai dengan namanya dibuat dari ampas atau bekas olahan bahan dasar membuat tahu. Walaupun kita ambil ampasnya tetapi setelah diolah dengan benar maka akan meghasilkan makanan yang luar biasa.

Rasanya makanan-makanan tadi kurang lengkap tanpa kehadiran hidangan aneka kolak yang terdiri dari kolak pisang, ubi, pacar cina dan bubur pandan. Selain itu ada juga aneka gorengan yang selain tentu saja menghadirkan beberapa macam gorengan juga tersaji beberapa rebusan umbi-umbian seperti pisang, ubi, singkong dan talas. Sensasi yang akan kita rasakan seperti sarapan di pedesaan. Tersedia pula nasi beras merah atau putih yang dapat dikombinasikan dengan makanan berat lainnya.

Terakhir adalah hidangan Nasi Aromatik. Hidangan nasi bumbu kuning dengan olahan cengkeh, jahe dan rempah-rempah lainnya. Rasanya aromatiknya sangat terasa dipadupadankan dengan buntut bakar yang segar. Untuk menu ini bisa didapatkan selama bulan Agustus ini sebagai paket promo.

Hidangan khas Nusantara yang sangat kaya rasa ini semua bisa anda dapatkan di Malabar Coffee Shop, Hotel Horison Bandung, khusus untuk paket sarapan setiap hari rabu terkecuali menu Nasi Aromatik yang siap dihidangkan setiap hari. Silahkan mencoba.

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *