Rendang  dari Sumatera Barat untuk Dunia
Januari 11, 2014
0 comments

Rendang dari Sumatera Barat untuk Dunia

Rendang Daging

Jika kita bertanya makanan apa yang paling lezat di dunia? Jawabannya tentu saja “rendang” setidaknya itulah hasil yang didapat dari survey yang diadakan oleh CNN. Rendang menurut asal-usulnya, seperti yang dimuat www.kumpulansejarah.com, catatan mengenai rendang sebagai kuliner asli    dari daerah Minang – Sumatera Barat mulai ditulis pada awal abad ke – 19 namun menurut sejarawan dari Universitas Andalas, Padang, Gusti Asnan, rendang diduga sudah ada sejak abad ke – 16. Menurut beberapa literatur, Masyarakat tradisional minang yang biasa mengadakan perjalanan jauh biasa menyiapkan makanan yang tahan lama untuk perjalanannya yang memakan waktu lama.

Dulu masyarakat tradisional tersebut mengawetkan makanan dengan metode pengasapan dan pengeringan. Diduga teori ini sangat dekat dengan metode pembuatan rendang. Hal ini dikuatkan dengan catatan peninggalan kolonial Belanda yang ditulis pada tahun 1827, salah satunya menyebutkan “makanan yang dihitamkan dan dihanguskan.”  Berkaitan dengan kedatangan Pedagang India yang mengenalkan makanan “kari” ke Sumatera Barat pada abad ke-15.,walaupun bentuknya berbeda namun kari ini adalah cikal bakalnya rendang.

Dalam perkembangannya, masyarakat mengenal rendang hanya satu yaitu daging sapi yang dibuat dengan dikeringkan dan berbumbu pedas dan gurih. Sebenarnya rendang tersebut ada bermacam-macam. Seperti yang dimuat di tempo.com tanggal 26 Agustus 2012, menurut asal daerahnya rendang dapat dibagi menjadi: Rendang Derek dan Pesisir,  rendang yang berasal dari tempat asal kerajaan Minang Kabau. Payakumbuh, Rendang daerah ini menggunakan daging suwir dan daging ayam sebagai bahan utamanya. Bukittinggi, rendang berbahan bebek dan jengkol. Agam, rendang yang biasanya dicampur kacang merah, kentang dan singkong. Tanah Datar (Batusangkar), rendang daging sapi dicampur paru sapi. Padang, rendang yang memakaia asam jawa sebagai penyedap rasanya. Pariaman, Pesisir Selatan, rendang berbahan lokan. Walaupun jenisnya berbeda namun tetap saja rasanya yang khas telah menempatkannya menjadi makanan  terlezt di dunia. Hal yang menggembirakan bagi Bangsa Indonesia.

Rendang yang merupakan Kuliner asli dari Sumatera Barat telah memberikan sumbangsihnya pada kuliner dunia. Bukan hanya untuk Sumatera Barat dan Indonesia tapi untuk dunia.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *