Januari 12, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Rawon Si Hitam yang Memesona

Tak selamanya warna hitam itu dikonotasikan dengan hal yang buruk. Kita sebut saja Rawon. Walaupun berwarna hitam, jangan tertipu dengan warnanya, rasakan kenikmatannya hingga ke ujung lidah ketika mencobanya. Makanan ini saya terkenal di Jawa Timur. Hampir di setiap rumah makan di sana menyajikan rawon bahkan hingga ke Pulau Madura. Makanan ini sudah ada dari jaman dulu bahkan pada jaman revolusi kemerdekaan  dapat ditemukan beberapa warung rawon.

Rawon adalah makanan sejenis sop yang dikarenakan menggunakan kluwek sebagai bahan dasarnya maka warna dari makanan atau kuahnya berwarna hitam. Bahan-bahan utama pembuat rawon diantaranya adalah daging sapi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumar, serai, kunir, lombok, garam, minyak nabati, dan tentu saja kluwek. Bahan-bahan rempah ini dihaluskan dengan cara diulek kemudian ditumis, setelah itu dimasukan kedalam kaldu daging bersama-sama dengan daging sapi. Teknik ini yang membuat bumbu meresap ke dalam dagingnya. Rawon menjadi makanan yang kaya rasa karena berasal dari belasan bumbu yang dicampur. Berbeda dengan rawon dari Jawa Timur, rawon dari daerah Madura tidak menggunakan kluwek sebagai bumbunya. Hal ini menyebabkan warna rawon tidak hitam.

Kata rawon pada jaman sekarang identik dengan kata setan dimana hampir diseluruh kota di Indonesia terdapat rumah makan Rawon Setan. Kata setan disini sebetulnya diambil bukan karena warna rawon yang hitam atau rasa pedas luar biasa seperti makanan yang super pedas yang menjamur sekarang ini biasa diidentikan dengan kata setan, konon pada jaman revolusi di kota Surabaya terdapat sebuah warung rawon yang buka muai dari jam 23.00 hingga jam 02.00 malam, karena buka pada malam hari itulah banyak setan yang bergentayangan. Dari cerita inilah nama rawon setan berasal.

Bagi pecinta kuliner nusantara, makanan rawon ini layak dicoba. Di setiap kota di Indonesia pasti ada Rumah Makan Rawon jadi tidak usah jauh-jauh harus pergi ke Jawa Timur. Selamat menikmati.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *