Mei 7, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

R. Bobby Renaldi Wirakusumah General Manager Papandayan Hotel, Bandung

I don’t know what it is about food your mother make for you, especially when it’s something that anyone can make – pancakes, tuna salad – but it carries a certain taste of memory.” – Mitch Albom.

Apapun yang dimasak oleh Ibu akan sangat berbekas diingatan. Masakan Ibu dapat memuaskan hati seisi rumah. Ibu adalah “the best chef” di rumah atau bahkan dunia. Ingatan akan masakan Ibu dirumah ini pula yang menjadikan R. Bobby Renaldi Wirakusumah – General Manager Papandayan Hotel, Bandung, mengidolakan Ibunya sebagai chef favorit. Hal ini pula yang memotivasi beliau untuk melanjutkan studi ke BPLP (NHI) Bandung untuk mendalami bidang ilmu kuliner disamping kepercayaannya bahwa dengan makanan akan dapat memberikan kehangatan dan cinta bagi semua.

Setelah lebih dari 24 tahun berkarier di bidang kuliner pada beberapa hotel dan restoran di Swiss, Australia dan Indonesia, sesuai dengan panggilan hatinya untuk kembali ke daerah asalnya – Bandung, beliau memulai berkarier kembali di Papandyan Hotel dari tahun 2004 hingga saat ini menjabat sebagai General Manager.

Chef pengidola segala jenis soto ini mengungkapkan bahwa kuliner Indonesia sedari pulau Weh hingga ujung papua memiliki kekhasan dalam rasa dimana Indonesia sangat diberkati dengan kekayaan rempah dan komoditas bahan makanannya. Hal ini yang menjadikan kekhasan makanan dari tiap daerah yang memperkaya budaya bangsa. Kekayaan kuliner ini harus dapat dilestarikan oleh kita dengan cara mengapresiasi seni penayajian, kesehatan dan bagian historis dimana seni kuliner Indonesia ini sudah dikenal dan dinikmati oleh warga dunia. Chef-chef Indonesia memiliki kemampuan yang baik dalam menyajikan masakan internasional pun makanan Indonesia. Chef-chef ini harus tertantang untuk dapat menyajikan masakan Indonesia dengan standar yang lebih tinggi dalam hal masakan maupun penyajiannya. Hal ini dapat menumbuhkan kebanggan dan mengangkat martabat Bangsa Indonesia. Tidak ada hal yang sulit dalam hal pembuatan makanan Indonesia dan Internasional, it’s just a passion and art, ujarnya melengkapi.

Pilosopinya bahwa pasti ada kebaikan dalam setiap masakan dan resep, chef adalah seorang artis yang akan menjadikan penikmatnya percaya akan kebesaran Tuhan. Chef Bobbi memberikan saran bagi para chef dan profesional kuliner agar terus membelajari diri sendiri lewat seni memasak untuk mensyukuri semua yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Dan tak lupa untuk selalu berinovasi dengan resep Ibu.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *