Pulaunya Kadal Raksasa
Januari 6, 2016
Warna Nusantara (336 articles)
0 comments
Share

Pulaunya Kadal Raksasa

Nusa – Antara atau Nusantara adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kepulauan-kepulauan dari Sabang hingga Merauke. Gugusan pulau di lintas khatulistiwa yang indah. Beriklim tropis sorga bagi beragam flora yang menghijaukan pandang serta jutaan spesies fauna yang hidup diatasnya. Spesies-spesies fauna yang bahkan hanya hidup di gugus ini. Salah satunya yang tersohor hingga ke gugus lainnya adalah komodo. Karena habitatnya hanya hidup di sekitar sini maka namanya terbawa pada pulaunya, Pulau Komodo. Pulaunya Kadal Raksasa.

Kadal raksasa biasa hewan ini dipanggil merupakan kadal terbesar yang hidup di dunia tepatnya di Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur.  Tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pada awalnya pulau ini dikenal setelah pasukan Belanda menemukan pulau ini dengan banyak diisi oleh binatang menyerupai naga. Setelah dibuktikan kebenarannya dan diteliti akhirnya diketahuilah spesies kadal raksasa ini dan diberi nama ilmiah varanus komodoensis atau penduduk setempat biasa menyebutnya ora. Saat ini satwa langka ini hidup hanya tinggal 3.000 ekor saja. Karena hanya hidup di pulau ini saja pula pada Tahun 1983 UNESCO memasukannya sebagai warisan dunia.

Taman Nasional Komodo memiliki gugusan pulau-pulau besar antara lain Pulau Komodo, Pulau Rinda, Pulau Padar dan masih banyak gugusan pulau-pulau lainnya. Untuk melihat lebih dekat gugusan pulau-pulau yang eksotis ini kita harus menggunakan kapal. Labuan Bajo sebagai tempat pertemuan untuk berlayar menuju pulau yang ada di Taman Nasional ini. Dari Labuan Bajo tujuan pertama adalah ke Pulau Komodo dengan menempuh jarak kurang lebih 4 jam. Di pulau ini kita bisa melihat hewan predator ini di habitat aslinya. Untuk berkeliling Pulau Komodo, kita akan ditemani oleh Ranger Komodo yang akan memandu kita selama berada di pulau. Dibutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk mengeliling pulau dengan rute yang sudah di tentukan oleh Taman Nasional. Di Pulau Komodo ini terdapat pantai yang menarik yaitu Pantai Pink. Pantai tersebut bisa dinikmati dengan bersnorkling untuk melihat bawah lautnya yang indah dan juga berfoto dengan keunikan pantai yang berwarna pink.

Sama hal nya dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca juga dihuni oleh hewan komodo. Di pulau ini tidak hanya hewan komodo saja yang bisa kita temui tetapi banyak jenis hewan liar lainnya seperti rusa, burung elang, babi dan masih banyak lagi. Datang ke pulau yang eksotis ini tidak lengkap rasanya belum menikmati sunsetnya. Tidak jauh dari Pulau Rinda kita bisa menikmati pemandangan Pulau Kalong. Sembari menikmati sunset kita akan mendapatan panorama indah lainnya yaitu melihat ribuan hewan malam berkeliaran untuk mencari makan. Tidak hanya itu kita juga dikunjungi pedagang cilik yang berperahu kecil datang dari Desa Komodo yang sengaja datang untuk menawarkan pernak-pernik khas komodo.

Pulau lainnya adalah Pulau Padar yang menyimpan segudang keindahan, selain pantai nya indah nan eksotis begitupun dibawah lautnya. Pulau Padar terletak diantara Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Pulau ini biasa digunakan sebagai tempat untuk snorkeling dan diving karena keindahan bawah lautnya yang sangat mempesona. Pulau Padar juga memiliki panorama mengagumkan untuk bisa kita abadikan didarat, untuk melihat panorama tersebut kita harus hiking dulu kurang lebih setengah jam untuk sampai kepuncaknya. Ketika sampai di puncak paromana indah sudah tersaji  Lengkap sudah wisata ke Flores.

Moment-moment ini harus diabadikan karena dengan ini kita bisa melihat keindahan Indonesia. Ternyata tidak harus jauh ke luar negeri, ternyata Nusantara pun mampu memuaskan hati kita. Bahkan dengan sering berwisata nusantara kita akan tersadar betapa diberkahinya negeri ini. Tidak harus menciptakan objek wisata cukup datang dan saksikan langsung saja. Karena merasa diberkahi ini pula selayaknya kita bersyukur dengan menjaganya. Sama seperti Pulau Komodo ini, jangan hanya puas dengan dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia, yang terpenting anak cucu kita nanti masih dapat melihat Kadal Raksasa ini di habitatnya langsung.

 

Liputan & Foto Mamu, Kontributor Warna Nusantara

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *