Persahabatan Jepang Melalui Masakannya
Agustus 2, 2016
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Persahabatan Jepang Melalui Masakannya

Bulan Agustus merupakan bulan historik bagi dunia khususnya Indonesia. Bulan ini tepatnya di tahun 1945 diawali dengan tragedi bom atom Hiroshima – Nagasaki, maka berakhir pula penguasaaan Jepang atas Asia. Imbasnya tentu saja berakhir pulanya penderitaan bangsa ini akibat penjajahan Jepang. Hanya tiga setengah tahun berkuasa namun menurut cerita yang menjalaninya dilalui dengan amat sangat berat atau boleh dikatakan menderita. Walaupun demikian kini semuanya berbalik, sebagai tanda permohonan maaf dan tanda persahabatan, Jepang memberikan berbagai fasilitas kemudahan dan bantuan untuk negara kita. Kedekatan ini pula yang pada akhirnya membawa dampak berupa masuknya budaya Jepang ke nusantara dan salah satunya adalah kuliner. Hingga terjalin persahabatan Jepang melalui masakannya.

Terdengar taka sing lagi makanan bernama bento, ramen, sushi, yakiniku, shabu-sahabu banyak kita jumpai disini. Keunikan dari masing-masingnya tentu saja dengan penggunaan bahan makanannya yang segar. Sesuai dengan kondisi geografisnya yang cocok dengan nusantara, maritim, maka tak salah bila ikan dominan dipergunakan.

Demikian pula halnya dengan menu yang disajikan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. setiap Sabtu malam disajikan menu Teppanyaki & Shabu-Shabu All You Can Eat. Hotel ini sengaja menghadirkan sajian baru yaitu bermacam menu makanan khas Jepang yang banyak menjadi favorit masyarakat nusantara. Seperti dituturkan oleh Citra Mariska, Marcomm Manager, Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung, “Penggantian promo berbeqiue dengan promo teppanyaki & shabu-shabu ini bertujuan agar tamu tidak bosan dan chef chef kami dapat berekplorasi dan berkreasi dengan menghadirkan sesuatu yang baru. Khusus untuk promo kali ini mereka sudah mempersiapkan beberapa menu andalan mulai dari appetizer sampai ke dessert diantaranya Sunomono salad, Japanese coleslaw salad, Miso soup, teppanyaki, shabu-shabu, yekimeshi, okonomiyaki, dorayaki dan masih banyak lagi, tentunya dengan harga yang besahabat.

Persahabatan Indonesia dengan Jepang memang sudah terjalin baik sejak lama. Dibukanya akses seluas-luasnya untuk pelajar dan pekerja Indonesia kesana salah satu penyebab merambahnya makanan Jepang di Indonesia. Walaupun tetap kita wajib mencintai makanan tradisional namun tetap saja layaknya sahabat yang selalu memberikan aura positifnya, kita patut mencontoh mereka dengan setidaknya menyajikan selalu makanan dengan bahan-bahan yang segar.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *