Perjalanan Sebuah Kopi
Desember 4, 2015
Warna Nusantara (335 articles)
0 comments
Share

Perjalanan Sebuah Kopi

“This is our journey.” – Devina S. Sugialam, CEO Yellow truck coffee & tea co

Pernahkah terbesit dalam bayangan darimana asal makanan atau minuman yang masuk ke tubuh kita. Sepotong steak yang nikmat masakan dari chef terkenal, nasi padang dari rumah makan padang yang terkenal, sayur lodeh favorit buatan Ibu di rumah atau bahkan secangkir kopi yang biasa kita seduh tiap hari. Memasak adalah proses akhirnya sedangkan jika kita runut tentu ada campur tangan petani yang menanam atau peternak yang merawat ternaknya hingga bisa dipotong atau bahkan nelayan yang berangkat ke laut untuk menangkap ikan. Demikian halnya jika kita berbicara tentang kopi, ibarat Ibu yang sedang mengandung maka proses kopi itu adalah ketika mulai menanam pohon, merawatnya hingga berbuah serta memetiknya, setelah lahir atau dipetik Setelah dipetik kopi yang masih berbentuk red cherry lajimnya diangkut dengan menggunakan truk untuk selanjutnya dijual dan diproses hingga akhirnya sampai ke cangkir kita. Dari sini dimulailah perjalanan sebuah kopi.

Awal perjalanan inilah yang dijadikan sebagai filosofi dari Yellow Truck Coffee & Tea Co. Truk pengangkut kopi sebagai awal dari perjalanan, sedangkan kuning dipilih karena warna ini secara spesifik memiliki banyak arti diantaranya adalah kebahagiaan dan kebanggaan, rasa yang didapat dalam melakukan perjalanan ini bersama dalam satu tim yang memiliki visi dan misi yang sama. Jadi bisa disimpulkan, “this is our journey,” demikian ujar Devina S. Sugialam, CEO Yellow Truck Coffee & Tea Co.

Berawal dari kios kecil di Jalan Pajajaran, Bandung, yang merupakan kantor pusat distribusi Kopiki Indonesia yang hingga kini adalah mitra mereka yang membantu dalam hal pemilihan serta mencari biji-biji kopi terbaik. Tujuan dengan dibukanya kedai ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kopi yang enak itu seperti apa. Yellow Truck Coffee & Tea Co., yang berlokasi di Jalan Pajajaran Bandung ini membuka open bar yang dimana para costumer bukan hanya bisa mencoba kopi disana tapi juga membuatnya sendiri. Pada Bulan Desember 2014 management memutuskan untuk membesarkan Kedai Kopi ini ke jargon yang lebih luas karena visi misinya yang ingin semua orang itu bisa meminum kopi indonesia yang sebenarnya, kopi yang sebenarnya itu ya begini cita rasanya.

“Kepercayaan kita adalah menjaga standar kualitas yang pertama, kedua kita mau industri pekerjaan di kopi itu menjadi suatu fenomena yg baru, bekerja di kopi itu bukan hanya tukang bikin kopi atau barista yang sedang naik daun, naik daun itu karena banyak coffee shop yang buka sehingga banyak demand disisi lain barista-barista ini perlu dilatih secara skill dan education makanya kita buat yg namanya karier bukan hanya suka sama kopi tapi bagaimana kopi ini bisa menjadi pekerjaan kamu sehari-hari,” lanjut Devina. Percaya dengan mengembangkan tim dari nol, ada yang memiliki background kopi ada yang tidak karena lebih memilih attitude serta passion terhadap kopinya. Simpel saja jika kamu senang minum kopi dan ingin menjadikan ini sebagai kegiatan kamu sehari-hari maka disinilah tempatnya untuk mengekspresikan diri.

Lebih memilih Kopi Indonesia karena sederhana saja, kita adalah Orang Indonesia. Orang Indonesia harus dididik untuk bangga dengan produknya sendiri karena pernah merasakan kopi yang terbaik itu seperti apa  serta dari pengalaman juga pernah merasakan berbagai macam kopi baik luar maupun dalam negeri ternyata di Indonesia juga banyak kopi yang kualitasnya tidak kalah dari mulai Sumatera, Sulawesi hingga ke Papua. Percaya bahwa Kopi Indonesia ini punya citarasa yang berbeda dari kopi lainnya serta sudah menjadi tugas moral kita sebagai pelaku bisnis di Indonesia untuk mengedepankan produk dalam negeri dari bahan baku yang paling simple yaitu kopinya. Salah satu kopi yang disajikan di Yellow Truck Coffee & Tea Co. adalah Kopi Bone, Minahasa kopi ini sangat mewakili citarasa Kopi Indonesia yang ada kaya rasa rempahnya.

Tidak terasa sudah cukup jauh perjalanan yang ditempuh oleh Yellow Truck Coffee & Tea Co. Hingga kini sudah beroperasi 5 gerai di Bandung, 1 di Solo dan 1 di Jakarta. Sebagai kado penutup tahun gerai ke – 7 dengan lokasi di Jalan Garuda, Bandung secara resmi dibuka. Lokasi ini diharapkan dapat menjangkau pelanggan Yellow Truck Coffee & Co yang berdomisili di wilayah Bandung sebelah barat. Banyaknya photo spot serta pencahayaan yang alami dari luar karena dinding terluarnya didominasi oleh kaca menjadi warna tersendiri dari gerai ini. Menampung hingga 150 orang dengan keunikan lainnya adalah fasilitas gym center yang ada di lantai 3 gedung.

Kita harapkan 7 gerai ini adalah langkah awal perjalanan kopi di Yellow Truck Coffee & Tea Co. Karena memang nampaknya tidak akan berhenti sampai disini saja, Yellow Truck Coffee & Tea Co rencananya tahun depan akan membuka gerai di luar Pulau Jawa.

 

Liputan Fadly Shaputra, Kontributor Warna Nusantara

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *