Desember 29, 2013
Maman Abdurahman (21 articles)
0 comments

Peluang Bisnis Kuliner Beromset Menggiurkan

Tawaran kemitraan di bisnis kuliner seolah tak ada habisnya. Terbukti, selalu saja ada pemain baru yang menawarkan kemitraan di bisnis ini dengan mengusung berbagai macam menu andalan.

Salah satunya adalah Celebrity Cafe & Resto. Usaha waralaba asal Amerika Serikat ini resmi masuk Indonesia pada 2009. PT Mitra Karir Nusantara di Surabaya bertindak selalu master franchise.

Saat ini, PT Mitra Karir Nusantara sudah membuka dua gerai Celebrity Cafe & Resto di Surabaya dan Bali. Untuk mengembangkan jaringan gerainya, sejak empat bulan lalu merek ini mulai di-sub franchise-kan di Indonesia.

“Kami menargetkan hingga akhir tahun ada penambahan empat sampai enam mitra baru,” kata Mochammad Arief, Business Development Manager Celebrity Cafe.

Ia optimitistis, Celebrity diminati karena menawarkan dua konsep usaha sekaligus, yakni kafe dan resto. Dari sisi kafe, menurut Arief, pihaknya menyediakan aneka menu minuman mulai dari es blender, es krim, jus, hingga kopi. “Khusus kopi, kami menyediakan coffee maker di setiap meja sehingga memungkinkan pelanggan untuk meracik kopi sendiri,” jelasnya.

Untuk makanan, tersedia aneka menu pilihan dari berbagai negara. Di antaranya ada menu Jepang, seperti suki dan yakiniku. Lalu menu western seperti steak (steik) dan seafood, serta ada juga menu khas Italia, seperti piza.

Lantaran bercokol di Indonesia, pihaknya juga menawarkan menu lokal, seperti nasi goreng dan masih banyak lagi. “Jadi resto kami menyediakan banyak menu untuk dipilih pengunjung,” katanya.

Harga makanannya bervariasi mulai Rp 17.500-Rp 110.000 per porsi. Sedangkan harga minuman mulai Rp 5.000-Rp 12.000.

Dalam kerja sama kemitraan ini, Celebrity Cafe & Resto mematok paket investasi senilai Rp 345 juta. Investasi itu sudah meliputi peralatan lengkap, desain dan dekorasi, pelatihan, dan bahan baku awal.

Di luar itu, ada juga fasilitas mobil operasional. Namun, mitra bisa mengambilnya atau tidak. Bila tidak ingin mobil operasional, mitra bisa menggantinya dengan mengambil usaha Celebrity Salon & Spa. Ini merupakan pengembangan dari usaha kuliner tersebut. “Tapi paket Rp 345 juta ini hanya berlaku hingga akhir tahun ini,” ujar Arif.

Bila paket ini habis masa promosinya maka akan kembali ke paket lama berupa paket gold Rp 200 juta. Dalam paket ini, tak ada lagi mobil operasional maupun Celebrity Salon dan Spa.

Arif menargetkan, dalam kerja sama ini mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 2 juta per hari. Dengan royalty fee sekitar 5% per bulan, mitra diperkirakan bisa balik modal sekitar setahun.

Khoerussalim Ikhsan, konsultan wirausaha dan praktisi bisnis menilai, konsep makanan yang diusung Celebrity masih memiliki peluang pasar di Indonesia. Namun, peluang pasarnya terbatas di segmen premium. “Karena menawarkan makanan internasional, segmen konsumennya di kelas menengah atas,” ujarnya.

Makanya, kata dia, usaha ini cocok dikembangkan di kota-kota besar. Selain itu, lokasi usahanya harus benar-benar strategis.

Celebrity Cafe & Resto
Jl. Bubutan No. 5-7, Surabaya,
Jawa Timur 60174
Telp: 031-40000800

Sumber Tribunnews

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *