Agustus 25, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Pecahnya Rekor Peresmian Hotel Terbanyak MURI

“Berawal dari Bandung dipersembahkan untuk Indonesia.” – Henri Husada, Founder Kagum Hotels, Bandung

Berawal di tahun 2005 dengan mendirikan Hotel Serela di jalan Riau Bandung dengan 70 kamar hotelnya hingga akhirnya di Bulan Desember 2010 terlahir Manajemen KAGUM Hotels dan hingga kini mengelola 35 hotel. Demikian capaian prestasi dari KAGUM Hotels hingga akhirnya pada tanggal 23 Agustus 2014 lalu memecahkan rekor MURI dengan meresmikan 15 hotel sekaligus dalam satu hari.

Seperti dituturkan oleh Bapak Awan Raharjo selaku perwakilan dari Museum Rekor Indonesia, tercatat terakhir rekor ini terjadi di tahun 2010 dengan catatan peresmian 3 buah hotel dalam satu minggu. Sangat jauh dengan rekor terdahulu, KAGUM Hotels berhasil meresmikan 15 hotel dalam satu hari. Peresmian hotel ini dilaksanakan oleh Gubernur Jawa Barat, Bapak H. Ahmad Heryawan, Lc. Hotel-hotel yang diresmikan ini merupakan 3 brand KAGUM Hotels yaitu Zodiak, Serela dan Gino Feruci dengan lokasi di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Hotel yang baru diresmikan di Kota Bandung adalah Hotel Zodiak di jl. Pasirkaliki, Jl. Kebonjati, Jl. Sutami, Jl. Asia Afrika dan Jl. Kebon Kawung, kemudian Hotel Serela di Jl. Merdeka, Jl. Waringin dan jl. Cihampelas. Untuk Hotel di Jakarta adalah Hotel Zodiak, Jl. MT. Haryono. Hotel di Yogyakarta yaitu Hotel Zodiak di jl. Cokro. Untuk Surabaya yaitu Hotel Best Zodiak di jl. Kedungsari. Terakhir di Bali yaitu Hotel Zodiak di Seminyak, Hotel Serela di Kuta serta 2 buah Hotel Gino Feruci di Lovina dan ubud. Sebuah pencapaian yang fantastis.

Pencapaian itu tentu saja tidak diraih dengan mudahnya. Semuanya berawal dari insting bisnis dari Bapak Henri Husada selaku founder dari Kagum Hotels. Dibukanya Jalan Tol Cipularang di tahun 2005 telah membuka peluang bisnis yang besar bagi Kota Bandung. Singkatnya jarak dan waktu tempuh antara Jakarta – Bandung menjadikan Bandung menjadi kota tujuan favorit. Ternyata instingnya memang jitu, terlihat dari Bandung saat ini yang tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan domestik setiap harinya. Pada tahun itu beliau mendirikan Hotel Serela di jl. Riau, Bandung hingga pada Bulan Desember Tahun 2010 mendirikan perusahaan manajemen perhotelan, KAGUM Hotels yang hingga saat ini mengelola 35 hotel yang tersebar di 11 kota tujuan utama seperti: Pakanbaru, Medan, Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Klaten, Surabaya dan Bali.

Lahan dan kota berpengaruh pada investasi. Kota-kota tersebut di atas memiliki potensi untuk mendapatkan market yang lebih besar. Demikian yang dituturkan oleh Bapak Asep Supardi, Director of Operations, KAGUM Hotels. Strong point dari suatu tempat dan analisa yang akurat adalah hal yang selalu diperhatikan oleh KAGUM Hotels. Semua hotel-hotel dibawah menejemenya tidak merasa harus bersaing namun sebaliknya merasa siap berkecimpung di dunia perhotelan yang semakin semarak. Tiap hotel memiliki restoran yang menampilkan kuliner lokal sebagai menu andalannya. Demikian pula dengan Zodiak Hotel yang nampaknya seperti brand image dari KAGUM Hotels. Hotel ini banyak dipilih oleh investor karena pangsa pasar kelas bawah yang terus menggeliat. Hotel ini dapat diinapi oleh semua kalangan, bergaya anak muda. Pengunjung ini disamping jumlahnya besar, kebanyakan dari mereka membawa uang cash untuk membayar langsung hotel. Dengan cara pembayaran ini secara perhitungan cash flow akan aman. Disamping itu, investasi di Zodiak Hotel ini tidak sampai ke angka 400 juta perkamar. Sangat menarik bukan? Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan tamu, KAGUM Hotels membuat program reservasi online yang diberi nama Kagum E-Booking. Program yang sudah berjalan ini sangat membantu memudahkan dalam hal pemesanan kamar, terutama tamu dari luar Bandung. Untuk selanjutnya sudah ada dalam program di tahun 2015 untuk menambah pengoperasian hingga 55 hotel di seluruh Indonesia dan salah satunya di Raja Ampat Papua, Sambung Pak Asep Supardi.

Sebelum acara puncaknya berupa Peresmian 15 Jaringan KAGUM Hotels dalam satu hari yang berhasil memecahkan rekor MURI diadakan rangkaian acara pendukungnya. Pada tanggal 21 Agustus 2014 diadakan acara silaturahmi dengan berkunjung ke Media dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 22 Agustus 2014 dilaksanakan talk show secara serentak di 15 radio di Bandung dan di hari itu juga diadakan acara KAGUM Social Responsibility berupa pemberian sumbangan kepada 5 panti asuhan di Bandung, acaranya sendiri diadakan di Hotel Zodiak, Jl. Kebon Kawung dan Hotel Serela, Jl. Cihampelas. Acara pemecahan rekor MURI ini diadakan di Hotel Golden Flower, Jl. Asia Afrika, Bandung dan dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Pangdam Siliwangi serta pejabat-pejabat eselon lainnya.

Demikianlah KAGUM Hotels, dengan sumber daya manusia yang asli putra daerah Jawa Barat yang terus berinovasi untuk memajukan Indonesia. Kami tunggu rekor-rekor berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *