Pandu Memasak dengan Mudah
September 9, 2016
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Pandu Memasak dengan Mudah

“Sebenarnya kunci dari memasak yang cepat tarletan pada persiapannya, pastikan bahan-bahan tersedia terlebih dahulu,” – Chef Arif Susanto

Garis tangan Chef Arif Susanto, mengguratkannya sebagai pemasak. Bahkan diakui oleh para kolega, beliau adalah senior, baik dalam hal pekerjaan maupun dalam sesi bimbingan. Cara menyajikan hidangannya banyak diikuti oleh para juniornya. Lama berkarier di hotel-hotel terkemuka di Bandung dan Jakarta seperti
Hilton Hotel Jakarta, Le Meridian Jakarta, Panghegar Hotel Bandung, Savoy Homann Bandung, NAM Center Kemayoran Jakarta, Holiday Inn Bandung, Papandayan Hotel Bandung, Preanger Hotel Bandung, hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri menjadi konsultan kuliner untuk hotel dan restoran. Senang membagikan ilmunya lewat demo-demo masak dan menjadi staff pengajar di Ny. Liem Bandung, membuatnya tergerak pula untuk menyusun buku masakan bersama sahabatnya, Chef Rochendi. Harapannya tentu saja buku ini menjadi Pandu memasak dengan mudah.

Dilahirkan di Solo pada tanggal 18 Agustus 1952 membuatnya tidak lupa akan tanah airnya. Kecintaannya terhadap Indonesia tergurat jelas dalam setiap masakan melalui kekuatan rempah di setiap olahannya. Namun demikian hal ini pula yang membuatnya khawatir, disadarinya bahwa memasak makanan nusantara dibutuhkan teknik dan waktu yang lebih daripada memasak makanan lainnya, tentunya karena pengolahan rempahnya itu. Hal ini yang lambat laun membuat kuliner nusantara punah karena makin banyak orang yang tidak lagi membuatnya di rumah.

Perkembangan jaman yang pesat mengubah pula tatanan kehidupan wanita masa kini dimana mereka bukan hanya disibukan dengan urusan rumah tangganya saja melainkan pula beraktifitas diluar rumah. Salah satu tugas pokoknya tentu saja memasak. Kendalanya tentu saja dengan kesibukannya yang segudang adalah waktu yang tersedia. Ibu-ibu dirumah kesulitan untuk masak dengan cara yang cepat dan tepat dengan cita rasa yang otentik. Menyediakan makanan instan akhirnya menjadi pilihan.

Dengan keperdulian akan memecahkan permasalahan ini maka Chef Arif Susanto bersama sahabatnya Chef Rochendi membuat serial buku 5 Menit Memasak. Ya memasak hanya 5 menit. Tercetus ide ini diakuinya didapat secara mendadak, bereksperimen hingga akhirnya didapatlah tips dan trik serta resep-resep memasak dengan waktu hanya 5 menit. Diakuinya sangat sulit memasak cepat dengan menggunakan bahan daging, proses dan sistemasi pengempukannya memakan waktu hingga minimal 30 menit. Namun dengan eksperimen dan sistemasi yang mereka buat ternyata bisa. “Sebenarnya kunci dari memasak yang cepat tarletan pada persiapannya, pastikan bahan-bahan tersedia terlebih dahulu,” ujarnya.

Sebetulnya, memasak tidak selalu memakan banyak waktu. Asal tahu tips dan triknya, Anda tetap bisa menyajikan masakan kesukaan keluarga. Masakan rumahan adalah masakan yang membuat kita rindu pulang ke rumah. Nah, jika Anda tetap ingin menghadirkan suasana itu, biasakan masak di rumah. Tertarik lebih jauh lagi silahkan hubungi langsung sang Pandu memasak dengan mudah. Kebetulan sekali Chef Arif Susanto membuka kelas-kelas pengajaran untuk itu.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *