Olahraganya Ras Mongoloid
Agustus 22, 2016
Warna Nusantara (336 articles)
0 comments
Share

Olahraganya Ras Mongoloid

Ras Mongoloid adalah merupakan subras dari Ras Austronesia yang biasa dipergunakan untuk menggolongkan penduduk Asia Tangara terutama Filipina, dan Semenanjung Malaka serta Nusantara tentunya. Pada akhir abad ke-19 hingga 20 biasa juga dipanggil dengan sebutan Ras Melayu. Kesamaan ras ini tentu saja berpengaruh pada kebudayaannya. Salah satu olahraga yang mendunia hingga dipertandingkan dalam multi event olahraga dunia adalah Sepak Takraw. Olah raga ini cukup dikenal di negara Malaysia, Thailand dan Indonesia juga Bangsa Asia Tenggara lainnya. Jadi kesimpulannya bisa disebut Olahraganya Ras Mongoloid.

Menurut sejarahnya olah raga perpaduan antara sepak bola dengan bola voli ini berasal dari Kesultanan Melayu dan pertama kali dimainkan sekitar abad ke – 15. Kali pertama dikenal dengan nama Sepak Raga hingga akhirnya berkembang menjadi Sepak Takraw, dimana nama ini merupakan perpaduan dari kata sepak yang dalam Bahasa Melayu diartikan “tendang” dan takraw yang dalam Bahasa Thailand diartikan “anyaman bola” (bentuk dari bola yang dipergunakan dalam olah raga ini). Bagaimana bisa dimainkan di Nusantara?

Bisa kita sambungkan dengan sejarah nenek moyang kita terutama Suku Bugis yang terkenal sebagai pelaut-pelaut yang hebat. Sering berkunjung ke Kesultanan Malaka membuat mereka familiar dengan Sepak Raga ini.  Mereka biasa memainkan permainan ini ketika kapal sedang sandar di pelabuhan-pelabuhan, hingga akhirnya penduduk setempat (Sulawesi) mulai banyak memainkannya. Walaupun hingga kini belum jelas dari mana awalnya menyebar ke Nusantara karena pada waktu yang hampir sama dimainkan pula di daerah Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau bahkan Papua. Namun demikian berkembang secara profesional mulai dari tahun 1970. Adalah kunjungan muhibah dari Malaysia yang memperkenalkan olah raga ini yang notabene dimainkan di banyak daerah Nusantara. Kunjungan ini akhirnya membuat Indonesia terdorong untuk berpartisipasi mengembangkan olah raga ini. Olah raga ini merupakan salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON ke XIX di Jawa Barat.

Hingga kini Sepak Takraw sering dimainkan bukan hanya sebagai olah raga namun juga atraksi yang menarik seperti di Sulawesi Selatan dan Sumatra Barat dan tentunya Ras Mongoloid lainnya. Kesamaan ras yang menghasilkan assimilasi kebudayaan ini tentunya menjadi suatu pengingat bagi kita, satu ras. Jadi sesama warna kulit jangan saling mendahului, adu kesombongan dengan kemajuan negara masing-masing, namun tentunya saling bahu-membahu membantu hingga bisa maju bersama, Ras Mongoloid.

 

Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, Foto oleh Tamsir

 

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *