Obyek Wisata Prasejarah
Februari 11, 2016
Warna Nusantara (339 articles)
0 comments

Obyek Wisata Prasejarah

Bandung selain dikenal sebagai kota mode dan aneka kuliner ternyata juga dikenal dengan tempat wisatanya yang unik. Salah satu tempat wisata yang unik adalah stone garden, hamparan tanah yang diisi oleh formasi batu tak beraturan yang indah dipadu padang rumput nan hijau. Bukan hanya menjadi laboratorium para arkeolog namun pula menjadi objek wisata prasejarah.

Stone Garden terletak di kawasan Gunung Pawon, tepat di atas puncaknya. Dekat dengan salah satu objek wisata Goa Pawon. Goa ini sendiri adalah salah satu dari sekian banyak dinding barat Danau Bandung Purba yang tersisa. Menurut ahli geologi 300 juta tahun lalu kawasan ini merupakan laut dangkal purba. Ini dibuktikan dengan di temukannya perkakas berburu yang terbuat dari batu. Stone Garden ini letaknya tepat berada di Kampung Giri Mulya, Desa Kagunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Terdapat banyak bongkahan bebatuan mulai dari ukuran yang terkecil hingga yang berukuran besar yang bertebaran di kawasan ini.

Luas hamparan geowisata ini kurang lebih 18 hektare dan berada di ketinggian 700 mdl. Untuk mencapai lokasi ini bisa digapai dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Dari Kota Bandung dapat mengambil rute menuju arah Cianjur hingga di kawasan Tagog Apu, Padalarang anda akan menemukan disebelah kanan belokan plang hitam dengan tulisan “menuju Stone Garden”. Siapkan stamina karena menuju stone garden dari parkiran harus berjalan kurang lebih 15 menit dengan jalanan yang agak menanjak.

 

 

Terdapat banyak bongkahan bebatuan mulai dari ukuran yang terkecil hingga yang berukuran besar yang bertebaran di kawasan ini. Pemandangan alam yang sangat mengagumkan bahkan menakjubkan pada masanya, sebuah Danau Purba yang kelak berkembang berjuta-juta tahun kemudian menjadi sebuah kota yang menakjubkan pula. Mungkin sengaja disisakan agar kita selalu ingat akan asal-usul kita, manusia. Apapun teka-teki yang hingga kini masih diteliti namun tetap saja tidak dapat mengalahkan keagungannya.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *