Mei 21, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Objek Wisata Baru di Kota Bandung

Apakah Bandung adalah salah satu Kota Wisata di Nusantara? Melihat dari membludaknya wisatawan setiap harinya yang datang ke kota ini, bisa jadi demikian. Apa yang mereka nikmati di Bandung? Jawabnya tentu wisata kuliner dan fashion-nya. Nah kalau tempat wisata? Tentu kita akan berpikir keras untuk menjawabnya. Jangan jawab Ciater dan Tangkubanparahu karena dua objek wisata ini terletak di Kabupaten Subang. Tapi sepertinya masalah ini akan segera terjawab. Kota Bandung yang terkenal dengan kreatifi-nya tentu menular ke Pemerintahan Kota-nya. Pemerintah Kota yang tidak kalah kreatif ini sudah mulai membangun objek wisata baru di Kota Bandung.

Usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Budaya dan Pariwisata-nya adalah dengan membuat Kampung-Kampung Kreatif. Kampung Kreatif yang dimaksudkan disini adalah pemberdayaan potensi wisata lokal di setiap kecamatan di Kota Bandung. Rintisan ini sudah berjalan satu tahun dan sudah ada lebih dari 10 Kampung Kreatif. Salah satunya adalah Kampung Kreatif di Kecamatan Cidadap, Bandung.

Acara Sosialisasi Kampung Kreatif Kecamatan Cidadap dihelat di ECO Bambu Cipaku. Dalam kesempatan ini digelar pementasan seni musik angklung dan arumba, salah satu gelaran khas dari ECO Bambu Cipaku. Patut kita ketahui, ECO Bambu Cipaku adalah salah satu wahana dari The Cipaku Garden Hotel merupakan tempat wisata edukasi seni budaya sunda, dimana edukasi yang dimaksud adalah; edukasi Angklung, Kaulinan Urang Lembur, Produksi Kriya Bambu, Pencak Silat, Tari serta Melukis. Dalam acara sosialisasi ini disisipi pula edukasi pengembangan bisnis kuliner. Selain itu dikenalkan pula kuliner tradisi nusantara, cendol gentong. Bukan hanya pengenalan produknya saja namun juga cara pembuatan serta peluang bisnisnya.

Seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung, Bapak Herlan J.S., “diharapkan dari 30 Kecamatan yang ada di Kota Bandung, masing-masing memiliki minimal satu kampung wisata, hal ini untuk memenuhi minat wisatawan akan Kampung Kreatif tersebut.” Jadi dengan hadirnya Kampung-Kampung Kreatif ini maka Kota Bandung tidak hanya mengandalkan wisata kuliner dan fashion-nya saja namun juga dipenuhi oleh Kampung-Kampung Kreatif, khasnya Kota Bandung.

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *