Mei 28, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Rela Antri di Sisi Utara Gapura Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah salah satu situs budaya di kota Solo. Pasar ini sudah ada semenjak jaman kolonial. Setidaknya demikian jika kita mengambil pengertian bahwa pasar itu adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Menurut sejarahnya Pasar Klewer merupakan tempat pemberhentian kereta dimana para penjual menjajakan dagangannya secara asongan. Seiring perjalanan waktu, pasar ini dibangun oleh pemerintah dengan bangunan utama dua lantai dengan komoditi utama yang dijual adalah kain batik.
Ada sesuatu menarik perhatian saya. Dari kejauhan terlihat antrian yang cukup panjang tepatnya di sisi utara gapura pasar. Tidak terlihat papan nama atau spanduk bahkan bukan kain batik sebagai komoditinya hanya antrian orang-orang saja. Ternyata disitulah Warung Tengkleng Bu Edi berada. Jangan berharap anda akan duduk di meja makan dengan daftar menu yang ada hanya satu meja ukuran sedang dan dua bangku panjang. Namun dengan panjangnya antrian cukup membuktikan rasa tengkleng dari Warung Tengkleng Bu Edi ini.
Tengkleng adalah makanan sejenis sop dengan kuah bersantan dan iga kambing sebagai lauk utama. Khusus di Warung Tengkleng ini pengunjung bisa memilih bagian-bagian kambing tersebut seperti  tulang iga, kaki, mata, kuping, lidah, pipi, sumsum, otak, dan lain-lain dengan disajikan dengan pincuk atau tatakan dari daun pisang. Terdengar asing dan sedikit seram namun inilah keunikan dari makanan khas solo ini.
Warung Tengkleng Bu Edi buka mulai pukul 14.00 wib tapi biasanya sejam sebelumnya peminat sudah antri unuk membeli. Mungkin karena dalam rentang waktu 2 sampai 3 jam, tengklengnya sudah ludes terjual. Tak sedikit yang membawa pulang pesanan tengkleng karena ya itu tadi, tempat yang terbatas dengan pengunjung yang banyak. Sepertinya kita rela antri untuk mencoba tengkleng di Warung Tengkleng Bu Edi ini.
Reportase Donnie Kurniawan, Senior Reporter Warna Nusantara

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *