Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku
April 17, 2017
Warna Nusantara (336 articles)
0 comments
Share

Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku

Jangan kaget sewaktu datang ke rumah makan ini karena menu yang disajikan hanya ada satu yaitu nasi ayam campur. Menu ini wajib dicicipi ketika kita datang ke Bali. Nasi ayam kedewatan itu adalah nasi campur berempah khas Bali dan cocok di lidah para pecinta makanan pedas karena nasi disiram dengan kuah yang cukup pedas (menurut saya seperti kuah gulai) kemudian disajikan dengan ayam goreng, ayam suir bumbu sambal atau disebut dengan ayam pelalah,  ayam kampung bumbu pedas,  kulit goreng,  sate lilit khas Bali (terbuat dari ikan tenggiri), tum ayam (sejenis pepes ayam dgn bumbu kencur yg sangat terasa), setengah telur pindang lalu dilengkapi dengan sayur urap kacang panjang kelapa dan sentuhan kacang goreng.

Sentuhan terakhir yang melengkapi hidangan ini dan tidak boleh dilewatkan adalah sambal matah khas Bali. Paket lengkap hanya dalam satu piring penuh dengan pilihan ayam. Sangat nikmat bercita rasa unik apalagi dengan harga yang cukup bersahabat di dompet yaitu rp 25.ooo,-  dengan minuman es teh manis atau es kelapa. Mengenyangkan dan mewah.

Begitu memasuki warung makan ini, di bagian depan  akan kita temui deretan meja-meja seperti warung pada biasanya,  namun bila kita melanjutkan langkah menuju ke belakang suasana sedikit lain dan menjadi sejuk karena terlihat banyak pepohonan dan kolam ikan. Lesehan-lesehan khas Bali terpisah dari ruangan depan membuat udara panas menjadi sedikit sejuk.

Nama Nasi Kedewatan Ibu Mangku ini sendiri diambil dari lokasinya di Jl. Raya Kedewatan No.18, Ubud, Gianyar,  Bali, di Seminyak Jl. Kayu Jati no. 12 dan Jl. Tukad Batung Renon no. 11 Denpasar Bali.

Silahkan mencoba!

Dari Ia Adamiri, Kontributor Warna Nusantara

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *