Februari 19, 2014
Maman Abdurahman (21 articles)
0 comments

Moli Sahatu : Pantai Awet Muda

Warnanusantara.com, Mendadak ingin mengajak Anda jalan jalan agak jauhan sedikit, tepatnya ke Desa Patuno. Kenapa ke sebuah desa? Masalahnya di Desa Patuno Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini terdapat sehamparan pantai dengan keindahannya yang khas nusantara sekali. Tapi sebenarnya yang menjadi daya tarik tambahnya bukan semata pada keindahannya, melainkan ada sesuatu yang lain di pantai ini. Yuk lanjut bacanya ke bawah untuk mengetahui apa yang menjadi sebuah “Keajaiban” Pantai Moli Sahatu ini.

Sebelumnya pengen tahu nih untuk dapat mencapai lokasi pantai. Nah jika Anda sudah berhasil mencapai pusat Kota Wangi-wangi, perjalanan menuju pantai kurang lebih menghabiskan waktu 60 menit saja. Anda dapat mengendarai sepeda motor atau mobil untuk terhantar ke lokasi.

Begitu sampai di tepi pantai, Anda akan disuguhi hamparan pasir putih dan kejernihan airnya. Sebelum melangkah jauh, sebaiknya Anda harus menjaga diri agar tetap sadar karena jika tidak, Anda akan segera terpulas tidur karena semilir angin dan suasana pantai yang dapat menghanyutkan Anda dalam tidur yang nyenyak. Kalau sudah tertidur, pastinya waktu untuk menikmati “sesuatu” yang lain dari pantai ini akan semakin sedikit. Ok, lanjut…

Lokasi Pantai Moli Sahatu sangat berdampingan dengan Pantai Patuno yang tidak kalah indahnya. Terus kenapa WN tidak ambil cerita Pantai Patuno nya? Kan keajaibannya ada di Moli Sahatu Gan. Iyah betul! Pantai Moli Sahatu memiliki keunikan alam yang lain dari pantai lainnya. Ratusan mata air tawar secara berkesinambungan memancarkan air tawar nan sejuk, jernih dan menyegarkan. Bayangkan di tepi laut yang airnya asin, masih sempet sempetnya air tawar menyusup dan keluar keluar dari sela sela batuan dan pasirnya.

Konon katanya penduduk setempat meyakini bahwa air tawar yang keluar dari sela sela batu dan pasir tersebut jika diminum atau diusap ke wajah berkhasiat membuat awet muda. Itulah sebabnya jika Anda ke pantai ini dengan bimbingan pemandu wisata, akan disarakan untuk mengusap wajah. Tapi wajah milik Anda sendiri ya, bukan wajah pemandu wisatanya. Nanti dia senewen ke Anda dan tidak mau nganterin lagi.

Selain keyakinan efek awet muda dari air tersebut, yang jelas langsung terasa adalah kesegarannya ketika bening dan sejuknya bersentuhan dengan kulit wajah Anda. Kembali wajah Anda akan berkemilau dan cerah kembali setelah satu jam perjalanan dari Kota Wangi wangi.

 

 

Salah satu Mata Air Tawar Moli Sahatu

Ibu Ibu sedang cuci baju di mata air tawar Moli Sahatu

Selain menikmati kesegaran air tawar nya, Anda juga bisa melihat, melakukan, kegiatan yang biasa dilakukan di pantai. Misalnya saja berenang, menyelam dan snorkeling…yah paket standar di pantai yang indah.

Tapi ternyata sangat disayangkan kondisi pantai indah ini belum tertata maksimal oleh pemerintah Kabupaten Wakatobi. Pasalnya banyak fasilitas vital belum tersedia disana, misalnya toilet. Nah jika Anda hendak berwisata ke pantai ini, sebaiknya pastikan pencernaan Anda sangat bersahabat dan merestui perjalanan wisata Anda. Karena jika tidak dan pencernaan Anda menuntut adanya pembuangan, maka Anda akan repot cari tempatnya. Disamping toilet yang belum ada, sarana parkir pun belum terlokasi dengan baik. Anda akan menemukan kendaraan yang diparkir secara tidak terorganisir alias dimana saja nemploknya. Gazebo tempat berteduh juga belum ada, Anda harus bersahabat dengan kerindangan pepohonan sebagai naungan. Sarana penyewaan peralatan berenang, menyelam atau snorkeling juga tidak dapat ditemui. Anda disarankan membawanya sendiri.

Sebenarnya semua fasilitas tersebut dapat Anda temui di pantai sebelah, Pantai Patuno, karena di lokasi tersebut terdapat Patuno Resort yang menyediakan tempat menginap, paket diving, snorkeling, banana boat, speed boat, dan sebagainya.

Kembali ke Mata Air Tawar yang dapat menyegarkan dan memberikan efek awet muda ya. Nah jika Anda ingin menyaksikan pancaran pancaran air tawar dari sela bebatuan dan pasir, ada baiknya datang saat air laut sedang surut. Karena jika tidak, pastinya air tawar akan malu malu keluar dari bebatuan karena dominasi air laut yang menyentuh akses keluarnya air tawar tersebut.

Oke berikutnya akan ada cerita dan kisah asal usul Pantai Moli Sahatu yang ajaib ini. Simak terus ya Warnanusantara, karena WN akan ajak Anda menikmati pengalaman pengalaman melancong, berkuliner, nginep di hotel, dan wisata nusantara tercinta ini, Indonesia.

Salam

 

Sumber dan foto : detikTravel

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *