Oktober 22, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Metode Memasak, Part X

Perawatan media menggoreng (minyak)

  1. Saring media secara teratur, lebih baik setiap hari setelah dingin sekitar 30°C. Gunakan pompa penyaring atau kertas penyaring sekali pakai. Lap wajan dan ganti media.
  2. Setiap minggu atau lebih sering bila banyak dipakai, cuci wajan dengan air dan detergent. Bilas dengan air bersih dan segera keringkan.
  3. Ganti media secepat mungkin. Penggorengan dengan kapasitas 20 kg harus menggunakan media yang cukup untuk satu minggu melalui penambahan tiap hari. Tutup penggorengan dengan penutup pada malam hari untuk mencegah pemecahan media.
  4. Jangan menggoreng sekaligus banyak tetapi pertahankan dengan ratio 1:8 yaitu 1 kg makanan untuk tiap 8 kg media menggoreng. Muatan berlebih memperlambat pemasakan dan menyerap media sehingga menyebabkan makanan berminyak dan lembek.
  5. Bila menggoreng tidak diteruskan, turunkan termostat pada suhu antara 95-120°C. Hal ini meningkatkan umur media dan mempercepat pemanasan kembali bila menggoreng diteruskan.
  6. Jangan meletakkan makanan basah pada penggorengan sebab air mempercepat kontaminasi dan kerusakan media menggoreng.

Bila media menggoreng tidak disaring secara teratur, butir-butir pelapis makanan yang rontok dan gosong akan melapisi makanan dengan noda hitam.

Tuti Soenardi dan Tim Yayasan Gizi Kuliner, Teori Dasar Kuliner, 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *