Oktober 17, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Metode Memasak, Part VIII

c. Deep-frying/Menggoreng dalam Minyak Banyak

Deep-frying adalah menggoreng dengan mencelupkan makanan dalam minyak panas dan banyak untuk memperoleh makanan yang renyah dan warna keemasan, Daging, ikan dan unggas biasanya dilapisi dengan remah roti atau tepung panir atau adonan sebelum di-deep frying.

Termostat

Termostat adalah alat terkalibrasi halus dengan tombol hidup mati (on-off), tujuan utama adalah untuk menset atau mengatur dan mempertahankan suhu memasak yang optimum. Suhu ini bisa disesuaikan menurut jenis makanan yang diolah atau digoreng. Perlu diketahui bahwa mengatur termostat pada suhu tinggi tidak membuat minyak cepat panas. Sebaliknya pada dapur yang terlalu sibuk, pemasak dapat lupa menset kembali pada suhu sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga minyak menjadi terlalu panas untuk menggoreng. Sebaliknya termostat diset pada susu sesuai dengan yang dibutuhkan dan tunggu sampai suhu tersebut tercapai.

Tuti Soenardi dan Tim Yayasan Gizi Kuliner, Teori Dasar Kuliner, 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *