September 23, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Metode Memasak, Part I

Prinsip-Prinsip Dasar Memasak

Memasak memerlukan aplikasi panas pada bahan makanan, agar terjadi suatu perubahan. Tujuan memasak makanan adalah untuk membuat makanan menjadi lunak supaya mudah dicerna dan membuat kreasi aroma dengan berbagai cara misalnya mengkombinasi berbagai makanan.

Keterampilan memasak tidak hanya soal resep tetapi juga kemampuan untuk mengontrol jumlah dan intensitas panas yang digunakan untuk memasak sejumlah makanan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah dan intensitas panas untuk memasak adalah sebagai berikut:

  1. Kelembekan atau kekerasan dari bahan makanan yang dimasak.
  2. Asal bahan makanan apakah berasal dari hewan atau tumbuh-tumbuhan.
  3. Besar potongan yang dimasak.
  4. Kombinasi dari bahan-bahan yang akan dimasak apakah kering, segar atau beku.
  5. Jenis panas yang akan digunakan.
  6. Kualitas dan jenis alat mesak yang digunakan. Dasar alat masak yang tipis, panci yang tidak rata, hendaknya dihindari karena tidak dapat menghasilkan masakan yang baik.

Terlalu banyak panas akan menghasilkan masakan terlalu matang, kekeringan, penyusutan, gososng dan hancur. Panas atau api yang terlalu kecil menghasilkan aroma yang kurang baik, rasa yang hambar dan berair, lembek, warna tidak menarik dan banyak kehilangan zat gizi. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan pada waktu memasak.

 

Tuti Soenardi dan Tim Yayasan Gizi Kuliner, Teori Dasar Kuliner, 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *