Maret 18, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Menyatu dengan Alam di The Cipaku Garden Hotel

http://www.warnanusantara.com/menyatu-dengan-alam-di-the-cipaku-garden-hotel/

“Titipan yang harus dijaga.” Ibu Luciana Wibowo,Pemilik dan Pengelola The Cipaku Garden Hotel

Mempertahankan lahan hijau di tengah kota seperti Bandung ini nampaknya menjadi hal yang sulit. Pentingnya untuk mempertahankan lahan ini bukanlah sesuatu yang mendesak walaupun dampaknya amat terasa bahkan bukan menjadi skala prioritas Pemerintah Kota. Beruntung masih ada segelintir orang yang perduli akan hal ini. Salah satunya adalah Ibu Luciana Wibowo, pemilik sekaligus pengelola The Cipaku Garden Hotel.

Bagi sebagian besar masyarakat Bandung, hotel ini terutama kolam renangnya sudah banyak yang mengenal. Maklum saja The Cipaku Garden Hotel sudah ada berdiri sejak tahun 1983, bahkan boleh dikatakan hotel ini adalah salah satu pioner perhotelan di Kota ini. Jika kita hendak bepergian ke Lembang, setelah melewati kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Jalan Setiabudi Bandung, sebelah kanan jalan akan tampak nama hotel ini. Adalah Bapak Hendro Wibowo ayahanda Ibu Luci yang merancang hotel ini. Beliau adalah seorang arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung yang karyanya banyak kita jumpai di Bandung dan salah satunya adalah hotel ini. Sangat memperhatikan kontur tanah dan mempertahankan kelestarian alam, sama seperti bangunan artdeco peninggalan kolonial dimana sebuah bangunan dikitari oleh taman yang luas, demikian pula bangunan hotel ini. Beragam tumbuhan baik besar dan kecil, area persawahan, aliran sungai, kolam ikan semua ada di sini.

 

Ibu Luci masih teringat dulu ketika beliau dan sang ayah menjalankan hotel ini, fasilitas yang kurang memadai bahkan listrikpun tidak ada, karyawan sibuk menjalankan genset ketika ada tamu datang. Perlahan-lahan fasilitas-fasilitas itu dipenuhi hingga akhirnya sekarang menjadi hotel berlevel bintang 3. Sudah tujuh tahun belakangan ini Ibu Luciana Wibowo bahu-membahu dengan staff-nya menjalankan hotel yang hampir kolaps. Bagaimanapun juga hotel ini harus tetap ada. Semua konsep hotel berubah hanya lahan hijau ini yang dipertahankan, namun itu yang menjadi keunggulannya.

Konsep menyatu dengan alam ini berlaku pula pada restorannya, Saung Kemangi. Suara aliran sungai mengalir dan udara segar yang masuk dari berbagai arah akan kita rasakan di sini. Saung-saung yang berdiri mengitari kolam ikan memberikan suasana yang sangat berbeda. Khusus di The Cipaku Garden Hotel, bahan makanan yang dipergunakan semuanya masih segar. Bahkan kita bisa menangkap ikan sendiri untuk kemudian dimasak dan dinikmati langsung. Untuk yang ingin sedikit menantang, silahkan pancing langsung ikannya di areal Kolam Pemancingan hotel.

 

Menu yang patut dicoba di Saung Kemangi ini adalah Ikan Acar Kuning dan Karedok-nya. Jangan takut dingin karena disini juga tersedia bandrek dan olahan kopi khas Cipaku. Memang masakan khas Nusantara menjadi tuan di sini. Khusus untuk menu western dan asian tersedia di Vanda Restaurant, di area dalam hotel. Menu yang wajib dicoba adalah butter rice dan soto betawi. Di sini anda bisa memesan makanan yang diinginkan walaupun tidak ada di daftar menu, Chef Deden bersama staffnya siap menyajikan. Namun tentu saja harganya atas persetujuan kedua belah pihak.

The Cipaku Garden Hotel akan bertambah indah di malam hari ketika lampu-lampu mulai dinyalakan. Dengan lahannya yang luas, hotel ini biasa dipakai untuk pesta kebun. Disini bisa menampung maksimal hingga 1.500 orang. Khusus bagi anda yang suka menyanyi tersedia karaoke room. Dengan semua fasilitas yang ada terutama tamannya yang membuat kita menyatu dengan alam rasanya kita tidak harus jauh-jauh pergi ke Lembang. Cukup di The Cipaku Garden Hotel saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang Baru di The Cipaku Garden Hotel

Pada tanggal 22 Maret 2015 nanti akan diresmikan Sanggar Seni Budaya ECO BAMBU CIPAKU. Areal yang berlokasi di samping Kolam Renang Bukit Cipaku, atau tepatnya di Jl. Cipaku Indah XII No. 8, Bandung merupakan salah satu fasilitas The Cipaku Garden Hotel dimana pendiriannya bertujuan untuk memperkenalkan kembali seni dan budaya sunda ke generasi penerus. Areal ini merupakan kawasan wisata edukasi, seni dan budaya sunda yang bisa diterima semua kalangan masyarakat, juga merupakan salah satu bentuk dukungan pada program Pemerintah Kota Bandung mewujudkan Bandung sebagai tujuan wisata dunia. Acara peresmian Sanggar Seni Budaya ECO BAMBU CIPAKU akan dirangkai dengan Pasanggiri Pencak Silat Se-Priangan. 

 



Alamat Lengkap Cipaku Garden Hotel Klik Disini

Liputan: Donnie Kurniawan (Senior Jurnalist), Chef Rahmi Johan & Irfan I. (Kontributor Warna Nusantara)

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *