Januari 12, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Lumpia dan Alirannya

Banyaknya peninggalan bangunan kuno berasitektur cina di daerah Jawa Tengah terutama Semarang berpengaruh pula pada kulinernya. Salah satu makanan akulturasi Cina – Indonesia terkenal dari semarang adalah Lumpia. Makanan berbentuk rolade ini diciptakan oleh seorang tionghoa yang menetap dan menikah dengan gadis Semarang.

Penerus dari pencipta Lumpia ini masih ada dan berproduksi sampai sekarang. Lumpia Semarang terkenal menggunakan rebung sebagai bahan masakannya ditambahkan bervariasi daging cincang seperti sapi, ayam dan udang kemudian digulung dengan lapisan tipis terigu. Ditambahkan dengan bervariasi saos pula.

Bervariasinya rasa dan bahan makanan ini seolah-olah menciptakan aliran-aliran tersendiri. Terdapat enam jenis lumpia semarang dengan cita rasa yang berbeda. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran Jalan Pemuda(almarhum Siem Swie Hie), dan ketiga aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio).

Ketiga aliran ini berasal dari satu keluarga Siem Gwan Sing–Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih dan yang terakhir adalah lumpia Jalan TanggaMus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim) lumpia nya bulat-bulat dan gurih. (wikipedia) Sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia, “Bhineka Tunggal Ika,”  berbeda-beda namun tetap satu jua, pun halnya dengan lumpia. Hanya urusan selera, silahkan anda pilih yang mana.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *