Januari 22, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Kumpul Ngariung Dulur ICA BPD JABAR

Indonesian Chef Association BPD Jabar rutin mengadakan acara gathering setiap tahunnya. Acara ini selain dijadikan sebagai ajang silaturahmi, juga digunakan pengurus sebagai sosialisasi program kerja tahun berjalan. Untuk acara tahun ini dirasa lebih spesial dengan hadirnya beberapa Chef legend ICA Jabar. Bisa dikategorikan legenda karena kiprah mereka yang sudah lebih dari 35 tahun di dunia kuliner. Dikesempatan ini hadir pula perwakilan chef dari Puncak, Cianjur, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis dan Cirebon. Tak hanya senior, di event kali ini hadir pula junior-junior yang telah mengharumkan nama ICA BPD Jabar. Mereka adalah Chef Abi, Chef Kodar dan Chef Ricky. Berturut-turut sebagai juara 1, juara 2 dan juara harapan 1 di kompetisi kuliner yang diadakan di Bali di akhir tahun 2014 lalu.

Di tahun 2015 ini ICA BPD Jabar memiliki program-program yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana tahun ini program tersebut lebih menitikbertkan pada program pendidikan. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Weddy Yanuar, Ketua ICA BPD Jabar, “target ICA Jabar di tahun 2015 60% masuk ke dunia pendidikan industri pariwisata Jawa Barat serta lebih memperkenalkan ICA Jabar lebih jauh lagi.” 

Salah satu kegiatan social responsibility yang akan diselenggarakan ICA BPD Jabar pada tahun 2015 adalah membuat menu development untuk para pedagang kaki lima agar usaha yang mereka jalankan bisa berkembang dengan inovasi menu yang dapat diaplikasikan dengan mudah serta berbiaya rendah. Agar calon-calon chef bisa mendapatkan pelatihan langsung dari pakarnya, ICA BPD Jawa Barat bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang memiliki jurusan Manajemen Tata Boga di seluruh daerah cakupan ICA BPD Jawa Barat dan mengadakan pelatihan bagi siswa-siswinya. Program School Promo adalah program sosialisasi ICA BPD Jabar ke sekolah-sekolah seperti SMK, akademi dan lainnya.

Salah satu cara untuk memajukan kuliner adalah melalui seminar, berkaitan dengan itu ICA BPD Jabar akan secara aktif mengadakan seminar-seminar yang ditujukan untuk khalayak umum. Cooking class juga menjadi salah satu program ICA BPD Jabar, program ini dirancang untuk memberikan edukasi dan pelatihan bagi masyarakat umum. Program Gala Diner dimana chef-chef ternama membuat acara ini dengan menu yang menarik dan dijual kepada umum.

Disadari oleh ICA BPD Jabar bahwa profesi chef bisa berkembang seperti sekarang salahsatunya adalah berkat peran media, terutama Televisi yang banyak mengekspos profesi chef. Oleh karena itu salah satu program lainnya adalah bekerjasama dengan Stasiun Televisi Nasional ataupun lokal untuk membuat program yang berkaitan dengan dunia chef. Acara gathering dengan media cetak ataupun elektronik untuk memperkenalkan lebih jauh tentang Chef dan ICA BPD Jabar. Serta gathering dengan para supplier produk makanan dan minuman.

ICA BPD Jabar percaya bahwa chef harus memiliki regenerasi yang baik. Salah satu cara untuk mendapatkan chef yang baik adalah dengan mengadakan kompetisi chef muda. Program ini dinamai ICA Young Chef Competition. Selain itu ICA BPD Jabar akan mendirikan agency khusus yang mampu membina pengembangan profesi chef untuk berbagai keperluan baik off air maupun on air.

Khusus di tahun 2015 ini ICA BPD Jabar akan bertambah keanggotaan BPC, dimana akan segera dibentuk BPC Cirebo dan BPC Subang. Dengan ini maka ICA BPD Jabar menjadi BPD yang memiliki keanggotaan BPC terbanyak di Indonesia. “Untuk keanggotaan sendiri ICA BPD Jabar tidak mengkhususkan pada individu yang berprofesi chef saja, siapapun yang suka makanan, icip-icip makanan, pengusaha kuliner, dengan tangan terbuka akan diterima menjadi anggota,” ujar Pak Weddy Yanuar menutup perbincangan.

Kumpul Ngariung Dulur atau bisa juga diartikan berkumpul bersama saudara, ya saudara, demikian pengakuan anggota ICA BPD Jabar. Semua adalah saudara.

 

Reportase : Donnie Kurniawan, Senior Reporter; Rahmi Djohan & Fadli Shaputra, Kontributor Warna Nusantara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *