Mei 17, 2014
Warna Nusantara (335 articles)
0 comments
Share

Rasa Asia Tenggara di MAMAK KITCHEN

Negara-negara yang terletak di kawasan sebelah tenggara Asia atau biasa disebut pula Asia Tenggara mencakup kawasan Indocina dan Semenanjung Malaya, berbatasan dengan kawasan Tiongkok dan Samudra Hindia di sebelah utara dan selatan serta Teluk Benggala  dan Samudra Pasifik di sebelah barat dan timur.

Sub kawasan ini terdiri-dari sebelas negara diantaranya berada di daratan utama (Indocina) dan sisanya merupakan kepulauan yang dikenal dengan istilah beragam; Kepulauan Selatan (Nan Yang, Tiongkok dan Vietnam), Kepulauan Melayu (Malay Archipelago menurut A.R. Wallace), Malayunesia (Logan), Indonesia(Logan dan Adolf Bastian), Hindia Timur (Oost-Indie, Belanda), Malaysia, Insulinde (oleh orang Hindia Belanda di awal abad ke-20), atau Nusantara. (Wikipedia)

Karena kondisi geografis yang berdekatan dengan India dan Cina  dimana keduanya memiliki pengaruh yang besar dalam kebudayaan dunia, berpengaruh pula pada kebudayaan kawasan ini. Hal ini pun berlaku bagi dunia kulinernya. Makanan seperti roti canai dan kuah kari serta teh tarik yang notabene berasal dari India, banyak kita temui di daerah Semenajung Melayu hingga Indonesia. Demikianpun makanan khas Tiongkok seperti mie banyak kita temui di sini. Thailand, Singapura dan Malaysia merupakan negara-negara favorit bagi pelancong Indonesia, demikian sebaliknya. Masing-masing negara tersebut memiliki ciri khas masing-masing dalam menawarkan paket-paket wisatanya. Bagi para wisatawan tentunya akan merasa penasaran untuk mencoba makanan khas dari daerah yang dikunjunginya.

Bagi anda yang belum pernah merasakan makanan khas Malaysia seperti roti canai, nasi lemak kari, kemudian tomyum dan rasa-rasa pedas asam manis ala Thailand ataupun makanan chinesse food Singapura, disarankan untuk mencobanya di MAMAK KITCHEN. Restoran ini terletak di Jalan Riau, pusatnya fashion dan kuliner di Bandung. Lokasi resto ini sangat strategis dan familiar untuk warga Bandung dan sekitarnya, bagi wisatawan domestik bahkan mancanegara yang sering berkunjung ke Bandung. Silahkan datang langsung ke Herittage Factory Outlet, tepat di sebelah pintu masuknya anda akan disambut dengan ramah pelayan MAMAK KITCHEN.

Bertujuan untuk mengenalkan makanan khas Thailand, Singapura dan Malaysia ke warga Bandung, Restoran milik Bpk. Johann Tirta ini secara khusus hanya menyajikan hidangan ke tiga negara tersebut. Walaupun bertujuan untuk memperkenalkannya di lingkup Bandung namun  dengan tingginya kunjungan wisatawan mancanegara yang datang untuk berbelanja ke kota Bandung  maka berimbas pula pada konsumen MAMAK KITCHEN. Hampir 70% pengunjungnya berasal dari Malaysia dan Singapura bahkan bisa lebih dari itu di akhir pekan.

Crispy Thai Salad with Ice Thai Milk Tea

Tiga menu andalan MAMAK KITCHEN yang patut dicoba yaitu Crispy Thai Salad dengan minuman pasangannya Ice Thai Milk Tea. Sesuai namanya makanan ini berasal dari Thailand. Kerupuk kulit atau orang Bandung biasa sebut dorokdok disiram saus asam manis pedas Thailand bersama rempahnya. Rasa pedas di lidah dinetralisir oleh minuman es teh tarik. Teh yang langsung di datangkan dari Thailand dengan teknik pembuatan yang sama.

Seafood Horfun

Menu kedua yaitu Seafood Horfun dengan pasangannya Ice Bandung. Jangan tertipu dengan namanya, makanan ini walaupun bernama Bandung ternyata berasal dari Singapura. Seafood Horfun berbentuk makanan seafood yang disajikan seperti perpaduan kwetiaw dengan sayuran dan kuah capcay segar. Sedangkan Ice Bandung adalah minuman dingin segar berbahan utama sirup red rose.

Roti Canai Milo with Teh Tarik

Menu andalan terakhir adalah Roti Canai Milo yang disandingkan dengan Hot Teh Tarik. Roti canai ini dibuat dengan teknik seperti membuat kulit martabak telur. Setelah selesai dipanggang kemudian ditaburi bubuk coklat Milo. Bagi pecinta makanan manis, menu ini highly recomended.

Walaupun makanan-makanan yang disajikan berasal dari Thailand, Singapura dan Malaysia namun penyaji makanan itu asli berasal dari Indonesia. Siapakah dibalik masakan masakan indocina tersebut, KLIK jika ingin tahu. Tidak ada salahnya bagi anda yang berniat melancong ke salah satu negara tersebut ataupun bagi yang belum memilik kesempatan kesana tidak ada salahnya mencoba makanan-makanannya di MAMAK KITCHEN.

“You cannot get an influence from the cuisine of a country if you don’t understand it. You’ve got to study it.”– Chef Ferran Adria

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *