Juli 25, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Kuliner Nusantara Unik Untuk Hidangan Hari Raya

ASAM PADEH TONGKOL PADANG

Hampir mirip dengan kuliner ikan berkuah di daerah Indonesia lainnya, asam padeh tongkol Padang ini juga lebih disukai karena rasanya yang ringan, segar, tapi dengan rasa pedas yang cukup menyengat. Kuah dalam resep ini tidak dalam pengertian seperti sup atau soto, tapi cukup encer untuk membasahi nasi. Selain itu ada juga yang menyebut asam padeh ini dengan nama Pangek. Selain itu ada juga pangek yang menggunakan santan. Semuanya sama-sama lezat dan harum.

AYAM GORENG LENGKUAS BANDUNG

Keistimewaan ayam goreng ini terletak di remah-remah berbumbu lezat, yang dihasilkan dari lengkuas parut yang direbus bersama ayam, sebelum digoreng. Rasa gurih ayam semakin menonjol saat ayam selesai digoreng dan menghasilkan remah berbumbu yang sangat renyah, gurih dan harum dengan bumbu yang ikut digoreng. Rasanya memang lezat sekali. Kuncinya, karena ayam sudah matang, goreng sebentar saja supaya tidak kering.

AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK / JOGJAKARTA

Sebetulnya, ayam panggang dengan variasi bumbu yang mirip dengan masakan ini bisa ditemui dibanyak daerah di seluruh Indonesia. Yang membedakan hanyalah adanya beberapa bumbu yang ditambahkan atau dihilangkan. Ayam panggang dengan balutan bumbu yang berlimpah ini juga banyak ditemui di daerah Timur Tengah.

PINDANG PATIN PALEMBANG

Kuliner berkuah sejenis sup ini adalah salah satu ikon kuliner tradisional yang paling dicari bila orang datang ke Palembang. Tekstur kaldu ikan dan rasa bumbunya juga ringan, dengan rasa pedas yang menonjol. Tidak dapat disangkal lagi makanan berkuah ini kuat pengaruh kuliner Cinanya, dengan selera lokal yang asam dan pedas.

NASI LIWET SOLO

Nasi liwet Solo ini merupakan nasi rames yang nasinya dimasak dengan santan, sehingga sering disebut nasi gurih. Sedangkan untuk teman lauknya ada ayam suwir berbumbu, telur rebus, areh (santan kental yang dihasilkan dari pendidihan santan dengan api kecil). Selain itu ada juga Jangan Jipang (seperti sambel goreng dari labu siam) dan sambel. Biarpun lauknya banyak, tapi harmoni rasa dan tekstur setiap bahan tetap prima.

NASI KUNING JOGJAKARTA

Sebetulnya cara membuat nasi kuning hampir sama, baik di pulau Jawa maupun di luar Jawa. Karena yang penting, nasi dimasak bersama kunyit dan santan, serta bumbu menurut kebiasaan masing-masing daerah. Selain beras, ada yang membuatnya dari beras ketan seperti di Sumatera Barat . Yang umum dilakukan karena bumbu dan caranya sederhana adalah nasi kuning dari daerah Yogyakarta. Waktu menghidangkan nasi kuning, selalu disertai beberapa lauknya. Nasi kuning tersebut dibentuk seperti limas/gunung, untuk mendekatkan acara makan dengan semangat spiritual, sebagai rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Bentuk nasi kuning yang seperti gunung ini disebut Tumpeng Nasi kuning, lengkap dengan lauk-lauknya yang mengandung makna tertentu, tergantung acaranya.

SATE MARANGGI PURWAKARTA

Ini adalah jenis sate lezat yang sudah lebih “advance” dalam pembuatannya, karena tidak memakai saus. Semua unsur bumbunya diresapkan ke dalam daging selama beberapa waktu untuk proses pelayuan daging. Biarpun kualitas keempukan daging sapi memegang peranan penting, tapi proses pengempukan dengan cara pelayuan juga sangat membantu. Kalau masih sempat, sate bisa diinapkan di bagian chiller lemari es. Imbalannyapun sepadan, karena rasa sate Maranggi ini sungguh enak berbumbu dan dagingnya juga empuk.

RAWON SURABAYA

Rawon termasuk “sup” yang mempunyai karakter rasa yang kuat dan khas, karena adanya unsur keluwaknya (Pandium edule). Bagi orang yang sudah menyukainya, menikmati rawon harus yang relatif kuat rasa keluwaknya dan tidak encer, sedangkan untuk yang masih “asing/takut” bisa membuatnya dengan jumlah keluwak ⅓ sampai ½ bagian dulu. Sebetulnya rawon sangat potensial untuk diperkenalkan ke penikmat kuliner di luar negeri, tapi harus pelan-pelan dengan dosis keluwak yang kecil.

ORAK ARIK BUNCIS SOLO

Maksud dari kata orak arik adalah diaduk-aduk (dalam bahasa Jawa), sehingga dalam proses masak sama artinya dengan menumis. Orak arik bisa dilakukan untuk banyak bahan makanan, mulai dari sayuran, tahu, tempe, sampai telur. Dari segi jenis makanan, ini adalah proses masak yang paling sederhana, tapi hasilnya selalu enak.

SATĚ AYAM MADURA

Sebagai salah satu ikon kuliner tradisional Indonesia, satě ayam Madura sudah sangat dikenal di luar negeri. Karena rasa daging satenya yang “netral”. Bumbu hanya ada di saus kacangnya membuat sate Madura mudah diterima oleh penikmat kuliner di dunia Internasional. Sate Madura termasuk fleksibel untuk dipadukan dengan nasi ataupun lontong. Tak heran bila ingin menikmati sate ayam Madura tidak harus dalam waktu makan, tapi bisa kapan aja, bahkan diwaktu malam seperti “Heavy snack”.

SAYUR NANGKA KAPAU

Kapau adalah nama sebuah kampung di daerah Bukit Tinggi. Kampung Kapau terkenal dengan masakannya yang lebih pedas dari masakan Padang, dan memiliki masakan sayur yang lebih bervariasi dibanding masakan Minang lainnya. Masakan-masakan dari Kapau umumnya dihidangkan sebagai nasi rames (nasi dengan beragam lauk dan sayur), sehingga orang menyebutnya Nasi Kapau. Diantara lauk penyertanya, ada yang bernama gulai/sayur Kapau, yang terbuat dari potongan – potongan nangka muda, dan tampilan kuahnya mirip kalio.

ASINAN JAKARTA

Campuran sayur mentah yang direndam dalam kuah asam agak pedas ini merupakan salah satu ikon kuliner Jakarta yang mendapat pengaruh kuliner Arab. Rasa asamnya yang menyegarkan , cocok untuk disajikan sebagai appetizer dalam gaya makan cara Barat.

RENDANG PADANG

Di luar perkiraan, ternyata Rendang dinyatakan sebagai makanan paling lezat (no. 1) sedunia oleh CNN untuk tahun 2012. Sebetulnya hal ini tidak juga terlalui mengejutkan untuk lingkup nasional, karena hamper semua orang menyukainya. Selain itu, hamper setiap rumah mempunyai variasi resepnya masing-masing, tergantung daerahnya. Hasilnya, ada rendangyang berwarna gelap, terang, kering, basah, lebih berempah, atau lebih manis. Bahkan di daerah Sumatera Barat pun ada beberapa versi resep rendang. Tapi semuanya tetap memiliki kelezatannya sendiri,baik dari segi tekstur bumbu dan inti santannya (belondo) maupun dari rasa bumbunya.

SOTO AYAM LAMONGAN

Yang membedakan soto Lamongan dari soto daerah lain di Indonesia adalah rasanya yang ringan, tidak berbumbu rempah ataupun santan, sehingga orang masih “sempat” menikmati lezatnya rasa dan tekstur kaldu ayam yang asli, serta kekayaan rasa isiannya yang beragam. Bila disajikan untuk acara makan gaya Barat sangat sesuai sebagai makanan jenis sup.

 

TAHU TELUR SURABAYA

Yang menandakan makanan ini dari daerah Surabaya adalah unsur petis yang khas wanginya. Tahu telur memang harus memakai petis, baik petis yang dibuat dari sari udang (kualitas prima), maupun dari daging udang. Jumlah petis yang digunakan bisa sedikit saja bagi yang kurang menyukai. Telur juga harus dibuat dadar supaya bisa diletakkan potongan tahu dan pelengkap lainnya serta saus petisnya.

KLAPPERTAART – MANADO

Salah satu ikon kuliner Manado ini memang berbau Belanda. Bukan namanya saja, tetapi jenis makanannya juga termasuk makanan yang cara memasaknya memakai proses masak kuliner Barat/Belanda. Hanya kenari dan daging kelapa mudanya saja yang menunjukkan asal daerahnya, Manado. Tapi rasanya memang luar biasa enak dengan harum kayu manis yang menyenangkan. Bila ada yang suka Rhum, bisa diberi beberapa tetes atau sendok teh.

SARIKAYO MINANGKABAU

Bentuknya yang mirip pudding. dan rasanya yang harum lembut ini mengingatkan orang pada pudding kuliner Eropa. Sehingga orang menduga sarikayo merupakan makanan manis yang dipengaruhi oleh kuliner Barat. Karena rasa legit dan aroma santan dan gula merah yang harum, kini orang membuatnya juga dalam bentuk agar-agar. Selain itu, orang juga sudah lama enyukainya sebagai olesan roti.

NAGASARI – JOGJAKARTA

Penganan lembut dan manis sangat popular di Indonesia dengan variasi yang banyak. Tapi Nagasari Jogjakarta ini khas lezatnya karena terbuat dari tepung beras dan santan yang gurih dan irisan tebal pisang matang, bisa pisang tanduk, pisang kapok kuning, malah ada yang suka pisang raja. Harumnya daun pisang yang membungkusnya saat dikukus merupakan ciri khasnya yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *