Oktober 30, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
1 comment

Kopi Istimewa Otin Ristretto

Para pecinta kopi asli pasti tahu dan mencari ristretto dan tidak sembarangan kedai kopi yang mampu menyajikannya. Berbeda dengan kopi lainnya, dimana ristretto menggunakan 75 ons kopi murni sehingga sensasi rasa yang dihasilkan lebih tebal, penuh dan tajam. Cara penyajiannyapun lebih spesial dibandingkan kopi lainnya. Demikian pula istimewanya barista Mgnco yang biasa dikenal dengan nama Otin Ristretto. Kopi istimewa Otin Ristretto.

Seiring dengan banyaknya bermunculan cofffe shop akhir-akhir ini menjadikan sang penyaji kopi alias barista menjadi terangkat. Wajar saja mengingat lewat tangan mereka tersaji secangkir kopi yang enak. Ditambah lagi keahlian lainnya yang menghibur, latte art, seni menghias kopi. Demikian pula dengan barista manis di MgnCo Eatery, Otin Ristreto.

Mengakui belajar menjadi barista secara otodidak. Selepas sekolah dan melanjutkan bekerja di Coffe Shop memang posisi ini yang paling dia jiwai. Hal yang membuatnya demikian adalah karena rasa penasarannya untuk dapat menyajikan kopi yang enak. Selain itu ternyata ilmu tentang  kopi itu tidak sebatas hanya dengan secangkir kopi yang enak saja namun masih ada ilmu-ilmu lainnya seperti pemilihan biji kopi dan teknik penyajiannya.

Terbiasa menyajikan kopi setiap harinya memang mampu mengasah kemampuannya, selain itu kebisaannya untuk berwisata kuliner mencoba kopi di tempat-tempat lain menambah pula referensi rasa kopi. Hal lain yang dilakukannya adalah banyak berdiskusi dengan barista lainnya terutama yang sudah senior karena buatnya berguru ke lebih satu guru akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak. Sebagai ajang mengasah kemampuan adalah dengan mengikuti ajang kompetisi.Karena kegigihannya pula dalam tiga bulan Otin Ristretto, demikian biasa pelanggang MG&Co Eatery biasa memanggilnya, mampu membuat latte art yang menarik.

Tentu harapannya sama dengan harapan barista lainnya bahwa fenomena kopi yang sekarang sudah menjadi gaya hidup ini bukan bersifat musiman saja, bertahan dalam satu dua tahun. Sepertinya tidak demikian selama Otin dan kawan-kawan barista lain terus berinovasi menyajikan kopi yang istimewa, seistimewa ristretto.

 

Liputan Fadly Shaputra & Yudiari Widyawati, Kontributor Warna Nusantara

Comments

  1. Kopi Ciciper
    Kopi Ciciper Desember 19, 11:53
    Ane pengen ngopi ama dia...

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *