Kopi dan Masakan Sunda di Cikole
November 24, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Kopi dan Masakan Sunda di Cikole

Cikole adalah daerah asri di Kawasan Lembang, Jawa Barat, tepatnya sebelah utara Kota Bandung. Terletak di kaki Gunung Tangkubanparahu membuat udara dan panoramanya yang sangat bersahabat. Menjadi salah satu tujan wisata baik dalam dan luar negeri. Salah satu wahana baru dari Cikole adalah Kopi Luwak Cikole, tempat penangkaran marga satwa Luwak atau Tupai beserta pengolahan kopi hasilannya. Tempat ini lebih dikenal di manca negara daripada warga terdekatnya sendiri. Sedikit yang tahu juga ternyata bukan hanya kopi saja yang bisa dinikmati namun pula masakan khas daerah tersebut. Jadi bisa dikatakan sekaligus bisa menikmati kopi dan masakan sunda di Cikole.

Terpisah dari Kopi Luwak Cikole, jika kita berangkat dari Kota Bandung tepat dipinggir jalan raya Cikole di sebelah kanan jalan akan kita temui café & resto dengan terpampang nama jelas KLC. Tak banyak yang tahu juga pengunjung yang datang ke sini bahwa KLC itu adalah singkatan Kopi Luwak Cikole. Yang mereka tahu adalah tentu saja makanannya yang unik dan enak.

Memang KLC Café & Resto ini didirikan dengan tujuan sebagai jembatan antara pelnggan Kopi Luwak Cikole dengan tamunya yang sudah lama dikenal. Tanpa harus bersusah-susah mencari tempat lain, setelah berkunjung ke Kopi Luwak Cikole para tamu akan diantar langsung ke KLC Cafe & Resto ataupun sebaliknya. Pada jam makan siang para tour guide biasa membawa tamunya ke sana. Tamu yang datang kebanyakan dari Malaysia, Korea, Jepang dan beberapa dari Eropa walaupun banyak pula wisatawan domestik yang datang. Sekalian mengkampanyekan Kopi Nusantara yaitu Kopi Luwak, KLC Cafe & Resto mempromosikan pula makanan tradisional sunda pada mereka.

Menu tradisional sunda yang disajikan disini bercitarasa modern, diantaranya adalah Sop Buntut yang mengunakan resep berbeda dari yang lain. Adapula menu yang diberi nama Ayam Penyet Kuah, dari nama sudah jelas berbeda karena adanya tambahan kuah di menu ini yang notabene biasa disajikan tanpa menggunakan kuah ini. Konsep restopun tampak memanfaatkan keasrian alam Cikole. Konsep dengan menambahkan lebih banyak tanaman ke dalam restonya serta kita bisa menikmati pemandangan bukit dari lantai dua resto ini.

Keramahan dan keindahan alam Cikole serasa lebih asri dengan hadirnya Kopi Luwak Cikole. Ditambah lagi dengan menu tradisional sunda di KLC Cafe & Resto-nya. Jadi sepertinya kita tinggal memilih saja, mau ngopi khas Luwak Cikole dulu atau mencicipi makanan tradisional sundanya.

 

 

Liputan Fadly Shaputra & Yudiari Widyawaty, Kontributor Warna Nusantara

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *