Kerjasama Apik Pelaku Wisata IHGMA dan Penggemar Sepeda
September 25, 2017
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Kerjasama Apik Pelaku Wisata IHGMA dan Penggemar Sepeda

“Kewajiban bagi warga negara dan pelaku wisata di Indonesia sebagai tuan rumah Event Internasional agar turut serta aktif dalam mensukseskan acara” Christian Gumala (Sekjen DPP IHGMA)

 

Hari Minggu 24 September 2017 kemarin menjadi salah satu moment spesial bagi para penggemar sepeda tua. Event dengan tajuk Kongres International Veteran Cycle Association (IVCA) merupakan ajang bergengsi bagi penggemar sepeda tua khususnya dan bagi para penggemar olahraga dan komunitas sepeda pada umumnya. Dimana setiap acara kongres internasional IVCA selalu dilanjutkan dengan event rally sepeda tua internasional yang diselenggarakan setiap tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

(source photo: Google)

 

Berdasarkan sejarah Kongres IVCA pertama kali diadakan di belton house, dekat grantham, inggris pada tanggal pada tanggal 23 agustus 1981.

Event ini adalah gagasan dari Gerard Buisset dari Prancis dan Ray Fixter dari Inggris yang bersama-sama mengundang lima puluh pesepeda tua dari Belgia, Prancis, Jerman, Spanyol dan Inggris. Semua mengendarai sepeda yang di produksi pada atau sebelum 1890.

Maka selanjutnya IVCA dibentuk di Lincoln, Inggris pada tanggal 26 mei 1986,sebagai wadah bersekala internasional terbuka bagi siapa saja untuk mereka yang tertarik dan menyenangi sepeda tua dari sejumlah Negara di dunia.

 

 

 

 

 

 

Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk tahun 2018 pada saat kongres tahun 2013 di Vaseli Nad Mouravou, Republic Ceko. Bali diajukan dan dipilih sebagai tempat terselanggaranya event akan menginjak 37 tahun ini pada tanggal 12 s/d 16 april 2018 dipusatkan di Denpasar dan Ubud, Gianyar dengan berbagi event.

Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) sebagai wadah sepeda tua di Indonesia bertindak sebagai penyelenggaranya sudah melakukan persiapan-persiapan. Slah satunya adalah dengan bekerjasama dan melakukan penandatanganan MOU dengan pelaku penggerak pariwisata organisasi IHGMA.

 

MOU KOSTI dan IHGMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Didalam acara sepeda tingkat nasional yang bertajuk BANDUNG PEDAL POWER yang diadakan di GOR Arcamanik bandung jawa barat, dilakukan juga penandatangan MOU antara penerus PUSAT KOSTI dengan DPP IHGMA yang di wakili oleh jajaran pengurus DPD IHGMA parahyangan didampingi oleh Sekjen DPP IHGMA Christian Gumala dan Penasehat Irmansyah Madewa.

IHGMA kali ini turut membantu partisipasi dalam acara yang akan dilaksanakan di Bali serta meningkatkan peran serta pelaku wisata khususnya perhotelan dalam meningkatkan dan memperkenalkan pariwisata Indonesia.

Ketua KOSTI pusat Bapak Ir.Joko Rinto Pihartono menyampai kan baha acara ini akan menjadi ajang berkumpulnya para onthelis dari seluruh dunia dan pengenalan model sepeda tua dari berbagai pabrikan,acara ini merupakan kesempatan yang baik pula untuk kita memperkenalkan secara langsung kebudayaan Indonesia di mata dunia. Christian Gumala juga menambahkan kewajiban bagi warga Negara dan pelaku wisata di Indonesia sebagai tuan rumah event inter nasional agar turut serta secara aktif didalam menyukseskan acara tersebut maka semua member yang tergabung didalam DPD-DPD IHGMA yang ada di 33 provinsi dan pastinya yang akan di lewati oleh kirab nasional akan turut secara mendukung dan mempromasikan acara tersebut.

Acara tahun Internasional Veteran Cycle Association (IVCA) Kongres yang digelar di Bali pada 12-16 april 2018 mendatang. Event tahunan ini akan dikemas dengan : jamuan makan malam bertema Bali oleh wali kota Denpasar bapak Ida bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.SI, Bersepeda di pantai “The Sanur Shore Slow Sunset Spin” (SSSSS) Bersama semua peserta untuk menanam pohon bakau sebagai bagian dari program lingkungan “Vintage Bicycle Village” diawali Jumble Sale Market & Souvenir Craft, bersepeda dengan kostum sepanjang 20 KM bergabung dengan the vintage bicycle village, balap sepeda tua dan roda besar, serta diadakan makan malam perpisahan di Ubud Royal Palace yang di jamu langsung oleh bapak Tjoka Artha Ardana Sukawati atau yang biasa disapa Cok Ace sebagai Raja Ubud serta ketua PHRI dan ketua BPPD bali.

Acara ini akan diikuti oleh lebih dari 30 negara dengan partisipan sekitar 300 tamu asing, serta didukung oleh anggota komunitas sepeda tua Indonesia (KOSTI) dari berbagai wilayah di Indonesia sebanyak 5.000 peserta.

Beberapa acara untuk menambah gebyar acara akan diadakan, kirab estafet IVCA dimulai dari pantai anyer (banten) menuju pantai sanur (bali) sejauh 1.200 KM Pada 29 maret – 14 april 2018,pameran 2018.

Ketua KOSTI Bali, Wayan Kuning juga mengaku bangga bahwa Bali di tunjuk sebagai tuan rumah acara ini, untuk pelaksanaan event internasional akan mengerahkan semua anggota KOSTI bali dibantu oleh KOSTI Jawa Timur yang akan mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran acara.

Selain itu, sebelum event berlangsung juga akan digelar berbagai kegiatan sepeda skala nasional, seperti Bandung Pedal Power momentum pada 23-24 september 2017, dan roadshow IVCA to Thailand, Singapore, Malaysia, Vietnam, Hongkong dan Philipina pada 2017 – Februari 2018.

Tags IHGMA, IVCA, KOSTI

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *