Mei 28, 2015
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Kental Nuansa Nusantara

“Sebuah kerinduan kita akan masakan nusantara, jangan sampai orang-orang tidak melirik lagi Masakan Nusantara.” – Chef Yudi Widjaja, Ibis Bandung Trans Studio

Thank’s God its Friday, sebuah ungkapan yang menggambarkan betapa hari Jumat merupakan hari yang dinantikan bagi kebanyakan warga kota. Wajar saja mengingat kesibukan yang sudah dilalui hari-hari sebelumnya. Di hari ini, lalu lintas bisa jadi lebih macet dari biasanya dimana orang-orang selepas bekerja lebih memilih untuk bersantai dengan teman atau keluarganya. Bisa hanya untuk berbincang-bincang atau balas dendam dengan berwisata kuliner. Khusus untuk hari yang spesial ini, Ibis Bandung Trans Studio menghadirkan Archipelago.

Seperti diungkapkan oleh Chef Yudi Widjaja, Archipelago ini adalah satu buffet yang kental akan nuansa nusantara-nya. Masakan-masakan tradisional yang berbeda-beda ditampilkan dalam satu buffet, semua bercampur. Dari masakan Padang, Makassar dan daerah di nusantara lainnya boleh dipilih sesuai dengan selera. Masakan yang ditampilkan merupakan makanan favorit dari masing-masing daerah tersebut. Dijamin tidak akan membosankan karena setiap Jumat-nya akan tampil masakan nusantara yang berbeda-beda. Sengaja Ibis Hotel Bandung menghadirkan menghadirkan program ini untuk menarik pengunjung dengan cita rasa tradisional, selain untuk memperkenalkan masakan nusantara yang lain selain masakan sunda pada pengunjungnya.

Chef Yudi Widjaja yang sudah banyak memperoleh pengalaman bekerja hingga ke luar negeri, bahkan pernah bekerja di sebuah restaurant milik Gordon Ramsey di Dubai, mengungkapkan bahwa awalnya memiliki persepsi yang salah tentang makanan nusantara, dianggapnya makanan western itu lebih wah, padahal sebaliknya, makanan tradisional nusantara itu lebih mahal. Di luar negeri yang memiliki kemampuan akan makanan western jumlahnya segudang sedangkan yang memiliki keahlian akan makanan tradisional bisa dihitung dengan jari. Malah di Belanda, seorang chef jika ingin bekerja disana harus memiliki keahlian akan masakan yang tidak ada di Eropa dan Belanda sendiri, oleh sebab itu banyak chef-chef Indonesia bisa tembus bekerja di sana. Tanpa kita sadari, di luar negeri masakan nusantara itu lebih precious, lebih berharga, di Belanda banyak berdiri Restoran Nusantara bahkan salah satunya mendapat penghargaan sebagai salah satu restaurant terbaik. Cita-citanya membawa masakan nusantara ke dunia internasional.  Saat ini merasa cukup dengan pengetahuan akan makanan western dan ingin menggali lebih di masakan tradisional.

Persepsi yang salah ini mungkin juga disebabkan karena ilmu yang didapat sewaktu berkuliah cenderung lebih ke masakan barat. Oleh karena itu masakan nusantara harus diperkenalkan ke sekolah-sekolah sedari dini. Memang saat ini perkembangan masakan tradisional nusantara mulai mendapatkan titik cerah dengan adanya kompetisi-kompetisi kuliner dimana ada pengelompokan masakan western dan nusantara, disitu masyarakat mulai termotivasi untuk menampilkan masakan tradisional yang mewah, dari situ pula bisa menarik konsumen bukan hanya dari lokal tapi manca negara. “Saya setuju kalau kompetisi masak tradisional semakin digalakan sehingga orang semakin termotivasi untuk membuat masakan dari modal yang rendah yang bisa ditampilkan secara fine dinning,” sambungnya.

Sesuai dengan cita-citanya semasa kecil, senang melihat orang tersenyum karena hasil karya berupa masakannya, demikian pula di menu Archipelago di Ibis Bandung Trans Studio ini, ingin membahagiakan pengunjungnya lewat buah karyanya, masakan tradisional nusantara. “Sebuah kerinduan kita akan masakan nusantara, jangan sampai orang-orang tidak melirik lagi Masakan Nusantara,” demikian Chef Yudi Widjaja menutup perbincangan.

 

Exclusive Interview Fadly Shaputra dengan Chef Yudi Widjaja, Ibis Hotel Bandung

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *