September 11, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Kembali ke Botram

“Ingin agar Nasi Liboet ini sejajar dengan makanan khas nusantara lainnya.” – Eko Hendrawan, Pemilik Nasi Liboet

Masa kanak-kanak adalah masa terindah dalam kehidupan kita. Masa dimana sebagian besarnya diisi dengan lebih banyak bermain. Namun demikian masa kanak-kanak kita dulu jauh berbeda dengan masa kanak-kanak anak kita sekarang. Masa kanak-kanak kita lebih banyak diisi dengan kegiatan outdoor dan berkelompok. Salah satu kenangan akan masa kanak-kanak kita salahsatunya adalah botram.

Botram adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat dalam mengartikan makan bersama. Biasanya dulu kegiatan ini sering kita laksanakan. Dengan membawa lauk-pauk dari rumah masing-masing, beralaskan tikar dan bertempat di rumah atau di lapangan. Adakalanya dalam kegiatan botram ini dilaksanakan acara masak-memasak bersama dengan bumbu dan bahan-bahannya yang tentu saja dibawa masing-masing. Salah satu menu yang sering sekali dimasak adalah nasi liwet bahkan hingga muncul istilah ngaliwet.

Kegiatan dan menu ini kembali dimunculkan lewat Nasi Liboet. Pasti anda penasaran dengan Nasi Liboet. Menu apakah ini? Pertanyaan ini terjawab sudah ketika kami berkunjung langsung ke tempat pembuatannya. Ternyata Nasi Liboet itu adalah singkatan dari Nasi Liwet Ibu Tuti. Memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jawa Barat yang suka menggunakan singkatan-singkatan dalam menamai produknya.

Bapak Eko Hendrawan dan Ibu Tuti Asmara selaku pendiri dan pengelola Nasi Liboet ingin menjaga kearifan lokal agar tetap tumbuh lewat Nasi Liboet dan tradisi Botramnya. “Lewat botram akan tumbuh kebersamaan dan mempererat silaturahmi,” ujar Bapak Eko.  Dalam rangka itu Nasi Libut ini dijual dengan paket khusus botram alias untuk banyak orang. Selain itu dengan memesan Nasi Liboet maka kita sekaligus dipinjami perlengkapannya seperti kastrol, keranjang makanan dan piring rotan. Sengaja dipilih piring rotan dalam rangka mendukung program go green dimana setelah dipakai piring ini cukup dikembalikan tanpa harus di cuci sehingga dapat menghemat penggunaan air. Bahkan suami istri ini lewat Nasi Liboet-nya memiliki komunitas botram yang dinamai Botramld. 

Resep dari Nasi Liboet ini adalah merupakan resep yang sudah ada sejak turun-temurun dengan divariasikan beberapa bahan makanan agar lebih bisa dinikmati saat ini. Beberapa menu Nasi Liboet ini diantaranya Nasi Liboet original yaitu menu nasi liwet dengan rempahnya yang khas, Nasi Liboet Petir Medan atau manu nasi liwet dengan taburan petai dan teri medan, Nasi Liboet Asin Peda Bendot atau nasi liwet dengan asin dan cabe gendot , Nasi Liboet Petjambrot alias nasi liwet pete dan ikan jambal roti. Jangan khawatir bosan karena menu ini bisa ditambahkan dengan tempe bacem, ayam goreng atau bakar, ikan mas goreng, gepuk lalaban dan tentu saja sambalnya yang khas.

Untuk mendapatkan Nasi Liboet ini anda pesan langsung dengan menghubungi nomor telepon 085222272074 atau 08122045531 atau ke pin bb 2880e816, sepaket Nasi Liboet beserta peralatannya akan sampai langsung ke tujuan. Bagi  pelanggan baru akan mendapatkan layanan antar langsung oleh Bapak Eko. Memang demikian adanya karena beliau selalu ingin mempererat silaturahmi dengan pelanggannya.

Demikianlah tradisi makan bersama alias botram kembali dibudayakan oleh Nasi Liboet. Bukan hanya lewat botramnya saja namun juga dengan layanan antar langsungnya ingin terus mempererat silaturahmi dengan penikmat Nasi Liboet. Terima kasih sudah mau botram bersama Warna Nusantara.

 

 

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *