Oktober 24, 2014
Warna Nusantara (339 articles)
0 comments

Kehangatan Suasana di Roti Gempol

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Seperti tak ada habisnya jika kita membicarakan panganan di Bandung. Mulai dari panganan yang tergolong baru hingga ke yang bisa masuk kategori jadul. Mau makanan Barat, oriental hingga ke tradisional Nusantara. Makanan yang masuk kategori makanan ringan atau berat. Masih banyak lagi kategori lain tentunya, semuanya dengan catatan made in Bandung dan hasil kreatifitas asli orang Bandung. Untuk jenis makanan sebangsa roti, di mana yah yang enak? Jawabannya satu kata, banyaaakkkkk. Tapi ada satu yang wajib kita datangi. Dialah Roti Gempol.

Kenapa Roti Gempol? Karena roti ini asli dibuat di Bandung, tepatnya di daerah Gempol, sesuai nama rotinya. Terdiri dari bermacam-macam produk roti yang di jual namun jagoannya adalah Roti Bakar. Rotinya empuk dan tentu saja tanpa bahan pengawet. Rasanya? Sepertinya kita sudah sebutkan sebelumnya, tentu enakkk. Pasti kurang puas hanya dengan enak saja kan?

Yang lainnya adalah kehangatan tempatnya. Walaupun kecil dan dari dulu seperti itu tapi tempatnya yang sepi jauh dari hiruk-pikuk membuat kita nyaman berada di sana. Dikelola oleh Mas Putra sebagai generasi penerus ke-2. Baginya meneruskan usaha Roti Gempol ini terpaksa karena kedua kakanya tidak mau meneruskan dan sibuk dengan karier masing-masing. Menurutnya roti ini sudah ada sejak tahun 1991. Awal dibuka oleh bundanya, Ibu Lydia. Resep pembuatan Roti Gempol ini didapat dari sang nenek yang memiliki pabrik roti di Salatiga yang sudah beroperasi sejak tahun 1948. Namun demikian Ayah mas Putra yang memiliki keahlian di bidang kimia dimana beliau adalah guru kimia memberikan masukan lewat eksperimennya tapi patut dicatat, Roti Gempol ini tidak memakai senyawa kimia sebagai bahan pengawet dan pengembang rotinya jadi aman dikonsumsi.

Hingga kini Roti Gempol masih menempati paviliun rumah yang beralamat di Jl. Gempol Wetan No. 14, Bandung. Masih mempertahankan bentuk lamanya, namun demikian kehangatan tetap terasa di sana.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_gallery type=”image_grid” interval=”3″ images=”2381,2382,2383″ onclick=”link_image” custom_links_target=”_self”][/vc_column][/vc_row]

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *