Mei 12, 2017
Warna Nusantara (336 articles)
0 comments
Share

Inginkan Pariwisata Indonesia Menjadi No. 1

Reunion is A second union; union formed anew after separation, secession, or discord

Dalam rangka Silaturahmi dan Reuni Paguyuban Alumni & Crew HALIndo para alumnus crew Halindo menghasilkan keputusan bersama untuk mendukung pariwisata Indonesia dan sumber dayanya menjadi unggulan di mancanegara.

Seiring dengan tagline Silahturahmi Kita Sinergikan Potensi HALIndo dari Grand Reunion 2017 Paguyuban Alumni & Crew HALIndo. Mengundang seluruh alumni & crew HALIndo dari angkatan I tahun 1977 dan berbagai bidang. Reuni akbar yang dihelat satu hari di The Papandayan Hotel jl. Jl. Jendral Gatot Subroto No.83, Kota Bandung tersebut berlangsung ramai dan meriah dengan berbagai agendanya.

 

 

 

 

 

Paguyuban Alumni & Crew HALIndo merupakan kumpulan pekerja kapal pesiar Holland America Line (HAL) didirikan pada tahun 1893 sebagai Nederlandsche-Amerikaansche Stoomvaart Maatschappij (Belanda-Amerika Steamship Company), sebuah perusahaan kapal pengiriman barang dan penumpang.

 

 

 

 

 

Dari perkembangannya HAL memiliki hingga 25 kapal Pada awal Perang Dunia Kedua, Namun saat itu,berfungsi juga dalam mengangkut 400.000 personil militer dan setelah masa perang, jalur
pelayaran sangat berperan dalam mengangkut gelombang besar imigran dari Belanda ke Kanada
dan di tempat lain.

Pada tahun 1973 divisi pengiriman kargo dijual sehingga Holland America Line lebih memfokuskan sebagai kapal pesiar, pada tahun 2003, Holland America Line mengumumkan “Signature of Excellence” Program. Yakni sebuah program yang difokuskan pada peningkatan layanan kapal yang ada. Tahap pertama meliputi menambahkan restoran khusus Pinnacle Grill, Neptunus Lounge
(untuk tamu suite), Seni Pusat Kuliner dengan ruang demonstrasi dapur, ruang untuk anak
diperluas dan ditambah dengan fasilitas untuk remajanya, fasilitas kabin ditingkatkan,
dan peningkatan menu makan dan pengayaan menu baru. Tahap kedua perbaikan (diumumkan pada
tahun 2008) menambahkan lounge bar yang disebut Mix, Showroom acara lounge / klub malam,
yang Retreat resort kolam renang dan layar LED serta restoran khusus Italia Canaletto. Secara kontinue berlayar melalui destinasi Alaska, Asia, Australia, Canada & New England, Caribbean, Europe, Grand Voyages Hawaii & Tahiti Mexico.

Dari perubahan fungsi tersebutlah dibutuhkan banyak karyawan untuk mengisi pos-pos departemen strategis pada kapal pesiar Holland America Line. Dimulailah pelatihan pada tahun 1970 an yang diselenggarakan oleh APN (Akademi Perhotelan Negara) di Bandung. APN merupakan cikal bakal Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Paguyuban HALIndo telah dideklarasikan pada 17 Agustus 2016 di Bandung sebagai dasar dalam mewadahi anggota alumni dan crew yang sudah berkiprah di Indonesia kembali maupun anggota yang terus berkarya di luar negara Indonesia seperti di Texas, Australia, Kanada dan lain-lain dari seluruh departemen yang menjadi fokus pekerjaannya. Dari mulai departemen Food & Beverage, House Keeping, Front Office, Purchasing, Accounting, Personalia, Marketing dan lain-lain dalam memberi sumbangsih pada generasi muda yang terjun dibidang pariwisata, kapal pesiar maupun perhotelan agar dapat terus sehat, manfaat, bermanfaat dan dahsyat berkiprah baik bagi anggota maupun masyarakat umum.

Dalam rangka meningkatkan kunjungan pariwisata di Indonesia, Paguyuban Alumni & Crew HALIndo turut mengambil peran dalam agendanya seperti mendirikan sekolah khusus kapal pesiar atau dapat mendorong pemerintah dalam mengelola kapal pesiar Indonesia sebagai sarana wisata di Indonesia agar lebih unggul.***
—————————–

Kata Alumni:

Bobby, GM The Papandayan:
Kesan buat Alumni & Crew HOLIndo disiplin masih dijaga, mental yang kuat hanya untuk
silahturahmi dalam rangka menyusun agenda kemajuan pariwisata Indonesia patut diapresiasi.

 

 

Denny Wahyudin Bustomi NHI’82, Holindo ’89:
Dikapal saat bekerja sudah seperti keluarga, bergabung disemua bidang departemen
dalam melayani penumpang kapal pesiar merupakan modal dasar untuk terus berkiprah dan
mengharumkan nama sekolah.

Yon Joyoprayitno, Texas
sangat gembira dengan adanya reuni ini, kerja keras, tekun, dedikasi merupakan cara melayani
tamu dari eropa, menambah pengetahuan dengan seminar dan nonton film adalah solusi mengenal
karakter tamu dari berbagai bangsa.

 

 

 

 

Saymi, Alumni 1977:
Dengan adanya Paguyuban Alumni & Crew HOLIndo, semoga generasi muda dapat melanjutkan semangat
profesionalisme alumni dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Indonesia khususnya dan membawa
nama harus Indonesia jika berkiprah di luar negeri.

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *