Juni 25, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Hangat dan Nyaman di Harris Coffee, Pastries & Wine

“His lips drink water but his heart drinks wine.”
 

Minuman anggur atau Wine adalah minuman yang populer di banyak negara. Negara-negara yang penduduknya meminum Wine paling banyak (menggunakan data tahun 2000) adalah: Perancis, Italia, Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Argentina, Britania Raya, Tiongkok, Rusia dan Rumania. Manusia telah membuat minuman anggur atau Wine ini sejak sekitar lima ribu tahun yang lalu. Wine adalah minuman beralkohol yang dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Jenis anggur yang biasa digunakan untuk membuat wine adalah vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine). Anggur dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Negara-negara yang membuat anggur terbanyak adalah: Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Argentina, Jerman, Australia, Afrika Selatan, Portugal dan Cili.

Ada beberapa jenis minuman anggur dikenal diantaranya: Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes). Beberapa jenis anggur merah yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir White WineRose WineSparkling WineSweet Wine, dan Fortified Wine; White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). Beberapa jenis anggur putih yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc; Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda atau merah jambu yang dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine. Di daerah Champagne, kata Rose Wine mengacu pada campuran antara White Wine dan Red Wine; Sparkling Wine adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbon dioksida di dalamnya. Sparkling Wine yang paling terkenal adalah Champagne dari Prancis. Hanya Sparkling Wine yang dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut dan diberi label Champagne; Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi (residual sugar) sehingga membuat rasanya menjadi manis; Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa (antara 15% hingga 20.5%). Kadar alkohol yang tinggi ini adalah hasil dari penambahan spirit pada proses pembuatannya.

Beberapa varian wine ini bisa kita dapatkan di HARRIS Coffee, Pastries & Wine, HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Pada Tanggal 21 Juni 2014 lalu, Harris Coffee, Pastries & Wine mengadakan acara Wine Tasting atau jamuan mencicipi wine. Acara yang cukup meriah ini dihadiri oleh para undangan dan kolega HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung diantaranya beberapa General Manager Hotel di Bandung yang terhimpun dalam organisasi Riung Priangan, komunitas Food & Beverage dan beberapa awak media. Bukan hanya sekedar mencicipi wine namun juga menemukan sensasi kenikmatan dari minuman ini.

Dalam kesempatan ini diperkenalkan dua label wine, PECHA KUCHA dan EVERYDAY RED. Label yang pertama merupakan wine buatan Australia dimana namanya sendiri di adopsi dari Bahasa Jepang yang berarti “mengobrol”. Berbeda dengan design label wine lainnya, kesan casual timbul dari design retronya. Kaum hawa akan sangat menikmati wine ini dimana rasanya yang manis akan familiar dengan lidah mereka. Label berikutnya merupakan wine yang diproduksi di California, Amerika Serikat. Aroma blueberry, oak, dried herbs, cinnamon, nutmeg dan plum akan terasa ketika kita menikmatinya. Seolah mengerti akan kekurangannya, para Chef  HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung menghidangkan sain canapes sebagai pelengkap yang sempurna. 

Kesan jamuan yang glamor dan elegan seolah hilang dalam acara ini, sesuai dengan tujuannya memperkenalkan wine ini pada masyarakat. Dengan kehangatan dan kenyamanan HARRIS Coffee, Pastries & Wine, HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung telah meleburkan anggapan bahwa minum wine itu harus selalu dalam jamuan makan yang resmi. Sambil memandangi panorama langit silahkan pilih di wine list, wine terbaik dari berbagai macam negara dengan harga kompetitif siap menemani malam anda. 

 Bahan tulisan lain : – Kamus Wilkipedia

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *