Juli 17, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Good Look Good Cook, Chef Rahmi Johan

“Masakan Indonesia itu penuh kejutan, … simple but complicated.” – Chef Rahmi Johan

Perkenalan penggemar kuliner dengannya diawali lewat sebuah acara pencarian bakat memasak di sebuah tv swasta nasional. Ramah mengumbar senyuman dan selalu mengangkat budaya Minang daerah asalnya dalam masakan-masakannya. Hingga saat  sudah memiliki acara memasak sendiri namun tekadnya untuk tetap mengangkat kuliner Minang tetap menyala. Tetap membumi ketika sudah bisa berdua masak bersama mentornya dalam acara pencarian bakat memasak dulu.

Selalu menggunakan intuisi dan mengikuti kata hati dalam memasak akan menghasilkan hidangan terbaik merupakan filosofi yang ia percayai. Budaya Minang yang melekat padanya banyak mempengaruhi masakannya. Kecintaannya dengan budaya leluhur diapresiasikan dengan penyajian yang berbeda. Walaupun hanya masakan tradisional namun harus disajikan dengan indah dan mewah, membuat makanan tersebut bisa jadi berkelas.

Masakan Indonesia itu penuh kejutan. Kita mempunyai banyak variasi menu. Dari ujung barat hingga timur Nusantara memiliki satu garis merah yang sama, kaya rasa. Banyak memiliki variasi tapi mempunyai satu kesamaan, kesamaan itu susah dijabarkan namun bisa kita rasakan. Masakan Nusantara itu simple but complicated. Simple maksudnya kita bisa temukan di mana saja ketika kita mencoba membuat seenak yang kita makan belum tentu bisa kita membuatnya bahkan chef-chef lulusan luar negeri saja belum tentu bisa menyajikannya. 

Misi mulianya adalah menghadirkan kembali kuliner nusantara yang sudah punah. Acara memasaknya yang mengharuskan berkeliling nusantara menjadi salah satu keuntungan tersendiri, dari sana dia mengenal masakan-masakan tradisional daerah yang dikunjunginya. Blusukan sendiri ke pasar-pasar tradisional  mencari makanan dan bumbu baru. Mempopulerkan masakan daerah itu adalah dengan cara diangkat dalam tayangan acara memasaknya di televisi.  Akan segera merealisasikan usaha kulinernya yang pastinya enak, asli dan otentik tanpa menggunakan MSG yang dapat dinikmati semua lidah.

Chef Rahmi Johan dengan masakannya bukan pemanis program kuliner televisi namun penyedap yang harus ada di panggung kuliner nusantara.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *