Juni 18, 2015
Warna Nusantara (336 articles)
0 comments
Share

Gaya Hidup Sehat Selama Berpuasa

Bulan Ramadhan yang dinanti kembali tiba. Bulan yang jika kita renungkan bukan hanya penuh dengan berkah saja namun dipenuhi rasa syukur. Tanpa kita sadari di bulan ini rezeki yang kita nikmati akan terasa sangat berarti. Pengertian rejeki yang sangat sederhana menurut saya adalah hal-hal positif yang masuk ke dalam tubuh kita yang akhirnya akan membawa kita kedalam perasaan bahagia. Salah satu contoh sederhananya adalah makanan yang kita konsumsi, jika makanan itu baik maka akan berpengaruh pada pencernaan yang baik, berstimulasi dalam tubuh memberikan pikiran yang positif dan akhirnya membuat tubuh kita sehat, tubuh kita sehat berujung pada kebahagiaan. Dalam berpuasa kita diajarkan melawan hawa nafsu kita, dibalik menahan lapar dan dahaga selama berpuasa, kita diajarkan untuk makan dengan teratur, bahkan seperti dimuat dalam www.merdeka.com tanggal 10 Juli 2013, dengan berpuasa dapat menyerap nutrisi lebih banyak dari selain bulan ini. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dan sahur, sehingga memungkinkan otot untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Namun tetap kembali ke pribadi masing-masing, apa yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa akan membuat tubuh kita sehat atau tidak. Berikut ini tips ysng disampaikan oleh Dr. Edy Rizal Wahyudi , SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI,  untuk mendapatkan bukan hanya amal yang banyak selama puasa tetapi juga tubuh yang sehat.

  1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi karena kedua jenis minuman ini membuat metabolisme tubuh berjalan dengan cepat yang mengakibatkan kita cepat merasa haus.
  2. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi, seperti: gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah dan lain-lain.
  3. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Lewat kurma ini pula kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan terpenuhi.
  4. Mengkonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh karena pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  5. Saat berbuka pausa, batasi makanan yang digoreng. Mengapa demikian, karena makanan yang digoreng ini  dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini juga yang menyebabkan penyakit-penyakit yang akan timbul di masa tua sepeprti jantung koroner dan hipertensi.
  6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula. Hal ini yang dapat cepat mendatangkan rasa haus ditengah menjalani puasa.
  7. Konsumsi air atau jus buah antara waktu berbuka puasa hingga sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh sehngga dapat memperlancar aktivitas kita esok harinya.
  8. Hindari terlalu banyak makanan es karena makanan dingin ini dapat memudahkan anda merasa kenyang dan menghambat asupan makanan gizi yang lengkap masuk ke tubuh.

Semua tips tadi akan sangat bermanfaat bukan hanya saat berpausa saja dibulan-bulan lainnya. Jadi puasa selain mengajarkan kita untuk menahan hawa nafsu tapi juga gaya hidup sehat. Sungguh indah Ramadhan ini. Marhaban yaa Ramadhan.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *