September 20, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Berjodoh dengan Horison Bandung, Chef Yudi Hermansyah

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

“Tidak fanatik sama masakan tertentu, bagi saya seorang chef itu harus menguasai semua masakan.” – Chef Yudit, Food & Beverage Manager, Horison Bandung

Keberadaan Hotel Horison di kota Bandung sudah lebih dari 20 tahun. Selama itu hotel ini memberikan pelayanan yang baik bagi para tamunya. Para tamu merasakan kehangatan layaknya di rumah sendiri ketika menginap di sana. Karyawan yang sudah bekerja di sana selama belasan bahkan puluhan tahun sudah paham bagaimana caranya melayani tamu. Salah satunya adalah Chef Yudi Hermansyah alias Chef Yudit, Food & Beverage Manager Hotel Horison, Bandung.

Bekerja di Hotel ini sudah 15 tahun sedari menjabat posisi 3rd cook hingga akhirnya meraih jabatan tertinggi di dapur Hotel Horison Bandung. Chef Yudit diserahi tanggung jawab untuk mengelola Malabar Coffee Shop, Putri Lounge dan Okoh Restaurant. Setiap hari jika dihitung kurang lebih 4 km berjalan kaki. Menuntut stamina yang tinggi namun demikian menciptakan menu-menu baru untuk ketiganya adalah hal yang paling berat. Sejauh ini ternyata Chef Yudit mampu melewatinya dengan baik. Uniknya lagi banyak bawahannya yang memiliki usia lebih tua darinya, lagi-lagi hal ini tidak menjadi soal, buatnya yang penting saling menghargai maka semua masalah dapat di atasi.

Mula-mula profesi chef ini menurutnya adalah orang yang tidak punya cita-cita. Karena pada jamannya dulu profesi chef ini belum menjanjikan dan tidak banyak di expose seperti sekarang. Sekolah kuliner itu adalah pilihan terakhir setelah tidak diterima di sekolah dengan bidang ilmu lainnya. Sambil kuliah Chef Yudit lanjut bekerja di sebuah restoran di Bandung. Selain untuk menambah uang saku, hal ini juga dimaksudkan agar lebih mengenal dunia dapur yang benar-benar dunia baru baginya.

“Tidak fanatik sama masakan tertentu, bagi saya seorang chef itu harus menguasai semua masakan,” ujarnya. Yang penting persiapan yang matang, memasak di akhir-akhir waktu juga tidak menjadi soal. Wajar saja demikian karena departemennya ini membawahi 2 resto dan 1 buah lounge dimana ketiganya memiliki konsep yang berbeda-beda, Okoh Restoran adalah resto dengan menu makanan Jepang, Malabar Coffe Shop adalah resto berkonsep tematik yang setiap hari berubah-ubah menu dan konsepnya serta Putri Lounge yang kebanyakan menawarkan menu western. Satu lagi yang sangat diperhatikan adalah keamanan pangan, baik dalam proses memasak hingga kebersihannya. Itulah yang dia percaya bahwa makanan di hotel lebih mahal daripada makanan di tempat lainnya. Baginya sebuah acara jamuan walaupun sudah selesai tidak sampai berhenti disitu saja sebelum para penikmat jamuan pulang dengan puas dan tidak terjadi sesuatu pada mereka. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya keracunan makanan tersebut Chef Yudit sangat memperhatikan sanitasi baik makanan ataupun karyawannya.

Jabatannya sekarang menuntutnya untuk tahu menu engineering masakan yang disajikan karena dia yang berhadapan dengan tamu bukan anak buahnya. Chef Yudit harus siap dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para tamunya. Dari pengetahuannya itu para tamu akan terpuaskan. Disamping itu ide-idenya terus dituntut untuk muncul dalam hal menciptakan menu baru. Biasanya Chef Yudit menyempatkan waktu untuk menuliskan menunya itu secara detail kemudian dicoba di dapur dan oleh timnya yang terdiri dari beberapa chef akan memberikan masukan hingga akhirnya tercipta menu yang sempurna. Salah satu menu yang disajikan pada Warna Nusantara adalah Pasta Tossed with Beef Bacon.

Entah bagaimana, rasanya hatinya sudah tertambat di Hotel Horison Bandung. Mengawali kariernya di dapur Horison sedari bawah hingga akhirnya memuncaki departemen yang ia cintai. Sudah berapa kesempatan kerja yang baru dia lewatkan karena merasa berjodoh dengan hotel ini. Belum tentu tempat lainnya memberikan keramahan layaknya Hotel Horison Bandung.
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_gallery type=”image_grid” interval=”3″ images=”2031,2030,2029″ onclick=”link_image” custom_links_target=”_self” img_size=”240 x 350″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *