Agustus 27, 2015
Warna Nusantara (335 articles)
0 comments
Share

Bekerja All Out Ala Asep Saepudin


“Bukan hanya hotelnya yang ECO friendly namun juga harus Human friendly.” – Asep Saepudin, Executive Assistant Manager, Horison Ultima Hotel, Bandung

Hotel Horison Bandung merupakan salah satu hotel yang bisa dikatakan bersejarah di Bandung. Berdiri sejak tahun 1991, tepat di awal tahun 2015 ini namanya sedikit berubah dengan adanya penambahan kata “Ultima”, lengkapnya Horison Ultima Hotel. Perubahan ini disebabkan bergabungnya Metropolitan Golden Management sebagai management operator hotel. Salah satu yang baru pula adalah bergabungnya sosok yang mulai membawa angin segar di sana. Seorang sosok yang akan bekerja dengan All Out. All Out ala Asep Saepudin.

Nama Asep Saepudin di dunia perhotelan Bandung mungkin sudah tidak asing lagi. Sebelum menjabat sebagai Executive Assistant Manager di Horison Ultima Hotel, Bandung, beliau sudah banyak mendapatkan pengalaman di dunia ini. Berkarier lebih dari 25 tahun dengan awal karier sebagai waiter, Duty Manager, PR Manager, Sales Manager hingga jabatan tertinggi di hotel, General Manager adalah bentang panjang prestasi yang diukirnya. Lebih dikenal ketika menjabat sebagai Ketua Himpunan Humas Hotel Bandung. Namun sebenarnya beliau bisa jadi dikenal karena keramah-tamahannya.

Ramah-tamah adalah suasana yang selalu ingin dibangun oleh Asep Saepudin. Menurutnya semua berhak untuk mendapatkan pelayanan dan keramahtamahan yang terbaik, baik itu tamu hotel bahkan seluruh karyawan hotel. Lingkungan yang baik ini akan berpengaruh pada aura hotelnya. Maraknya hotel yang mendengungkan tagline sebagai ECO friendly buatnya tidak cukup karena bukan hanya harus ramah lingkungan tapi juga ramah manusianya. Hal ini menjadi kekuatan dalam menghadapi keterpurukan dunia perhotelan Bandung beberapa saat lalu.

Keyakinan akan keunikan yang menjadi selling point, produk-produk yang bagus serta meningkatkan pelayanan dengan mengadakan pelatihan service excelent menurutnya adalah cara yang ampuh untuk keluar dari krisis. Tanpa harus merubah konsep dan pembaharuan hotel serta memberhentikan banyak karyawan, untuk memaksimalkan kinerja cukup dengan menempatkan karyawan tersebut di tempat yang sesuai dengan kemampuannya, serta memelihara dan memaksimalkan aset hotel. Pengalamannya bekerja sebagai Director of Sales dicoba ditularkan di Horison Ultima Hotel Bandung dengan lebih berinovasi dalam strategi marketing. Salah satu inovasi kreatif adalah pertama kalinya hotel mengadakan acara breakfast on bandros (Bandung Tour on Bus). Acara ini bisa dilaksanakan berkat kerjasama yang baik antara management hotel dengan Bandung Tourism Board.

Pengalaman yang di dapat otomatis menjadi kunci dasar untuk melangkah selanjutnya. Demikian pula Asep Saepudin, Executive Assistant Manager, Horison Ultima Hotel Bandung, yakin dengan pengalamannya akan menghembuskan angin segar dalam managerial hotel. Dengan siat keramah-tamahan serta kreatiitas tanpa batasnya akan mengundang serta memberikan pengalaman yang baik bagi tamu yang datang. Kapan dan dimanapun berada akan selalu all out memberikan semua kemampuan untuk meraih hasil yang terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

Exclusive Interview Yudiari Widyawati, kontributor Warna Nusantara dengan Asep Saepudin, Executive Assistant Manager, Horison Ultima Hotel Bandung.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *